Mudah, Resep Makanan Berbahan Dasar Singkong, Murah dan Menyehatkan

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Prasmanan

Selain nasi, singkong juga menjadi salah satu makanan pokok di Indonesia. Tumbuhan akar ini biasa diolah menjadi bermacam kudapan. Sebut saja singkong oreng atau rebus, kemudian dijadikan tiwul, getuk, dan aneka penganan lainnya.

Cara mengelolah singkong pun dibilang cukup mudah. Malahan makanan ini selalu populer dari zaman ke zaman. Berikut beberapa resep praktis untuk memasak singkong yang sudah dilansir dari CNN Indonesia.

Nggak percaya kalau singkong bisa diolah menjadi churros. Umumnya menikmati churros bisa dengan cocolan coklat lumer, ditaburi keju, atau aneka topping lainnya.

Bahan utamanya siapkan, 150 gram singkong kukus (sudah di parut), 75 gram kelapa parut, 80 gram tepung bumbu serbaguna, dan minyak goreng secukupnya.

Cara membuatnya gampang, Campurkan singkong kukus parut, kelapa dan tepung serbaguna ke dalam wadah. Ulen adonan sampai tercampur rata, dan masukkan ke plastik cetakan.

Kemudian goreng dengan minyak panas, sambil tuang adonan. Jangan lupa dibentuk memanjang. Goreng hingga berubah warna coklat keemasan, angkat dan sajikan. Boleh diberi topping tambahan sesuai selera.

Resep makanan yang terbuat dari singkong selanjutnya adalah kue talam dengan cita rasa manis, lembut dan agak basah.

Bahan pertama meliputi 500 gram singkong parut, lalu peras dan gunakan 50 ml airnya, 1/2 sdt garam, 150 gram gula pasir, 100 ml santan kelapa, dan 75 gram keju cheddar parut

Sedangkan bahan kedua, siapkan 500 ml santan kelapa, 1 sdt garam, 40 gram tepung beras, 70 ml air panas, dan 100 gram tepung sagu.

Untuk membuatnya, campurkan singkong parut beserta garam dan gula pasir sampai rata. Kemudian beri santan dan keju sambil diaduk lagi. Itu untuk bahan pertama ya, gaes.

Tuang adonan bahan pertama ke dalam cetakan yang sudah diolesi minyak. Ingat, jangan sampai penuh. Lalu kukus 15 menit atau setengah matang dan sisihkan.

Sekarang bahan kedua. Rebus santan dan garam sampai mendidih. Biarkan dingin terlebih dulu, masak sisa bahan kedua, yaitu tepung beras dan tepung sagu dengan air panas. Kemudian beri santan sedikit demi sedikit sampai tercampur rata.

Tuang adonan bahan kedua ke atas bahan pertama tadi. Kemudian kukus lagi antara 10-12 menit sampai matang. Kue sudah siap disajikan.

Sebetulnya masih banyak kue berbahan dasar singkong. Cepat, murah, dan gampang.

Artikel Lainnya