nyedulur.com

Mudah, Kenali Ciri-ciri Buzzer yang Berselancar di Media Sosial, Ini Kata Pakar

Nyedulur
  • 23 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Wijatnika Ika.

Profesi anyar yang saat ini mahal adalah buzzer. Benar, buzzer. Mendengarnya bisa membayangkan berapa juta rupiah yang bisa didapat. Tergantung siapa yang memesan dan kepentingannya.

Memang benar, membahas buzzer tidak ada matinya. Tetapi sebelum membahas ke pokok permasalahan, Anda perlu tahu jika buzzer diartikan sebagai pendengung di media sosial (medsos).

Selain itu, buzzer juga bertugas untuk mengaplikasi isu yang sudah beredar di masyarakat. Hal itulah yang cenderung membuat masyarakat geram. Karena isu itu bisa menggelinding jauh, entah benar atau tidak.

Tak hanya itu, biasanya buzzer bekerja atas dasar pesanan isu. Nah ngomong-ngomong soal buzzer, belakangan buzzer politik sedang ramai jadi topik pembicaraan warganet.

Dilansir dari Kumparan, jika penyebabnya karena ungkapan dari Presiden Jokowi yang meminta masyarakat untuk mengkritiknya. Namun di sisi lain publik khawatir diserang buzzer. Kemudian dipolisikan atau dituduh dengan UU ITE.

Melihat fenomena ini, sebenarnya Anda tahu enggak, sih, apa itu buzzer? Lalu apa bedanya dengan influencer?

“Influencer, itu contohnya kalau di kubu pemerintah ada Denny Siregar dan Permadi. Sedangkan di oposisi ada Rizal Ramli, Said Didu. Mereka orang-orang yang tiap ngetweet itu influencial, ini dalam konteks politik ya,” kata pengamat medsos sekaligus founder Media Kernel Indonesia, Ismail Fahmi.

Kata Ismail, influencer bisa menulis sesuatu di media sosialnya atas pemikirannya sendiri. Mereka bahas apa saja, tetapi ketika unggahannya banyak yang merespons.

“Nanti akan banyak yang retweet, reply, komentar. Karena dia influencial,” tutur dia.

Kemudian ia menjelaskan soal apa itu buzzer. Perbedaan paling mendasar adalah, buzzer memberikan opini, tapi tidak bersifat mempengaruhi atau influencial.

“Dia lebih ke buzzing, berisik, membuat lebih ramai. Jadi dia bisa ikut retweet, posting, ngeposting materi yang sudah disiapin. Kalau ada meme disiapin dia posting,” jelas dia.

“Kalau buzzer biasanya anonim, misalnya fotonya wanita cantik, kalau influencer lebih jelas,” tegasnya.

Artikel Lainnya