nyedulur.com

Mourinho Perlu Tiru Parkir Bus Ala Big Sam, Bisa Bikin Liverpool Kebingungan

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Dailymail/EPA.

Sam Allardyce menjadi pembicaraan di Inggris. Pelatih West Bromwich Albion itu sukses mencuri satu poin di Anfield, Senin 28 Desember 2020, dini hari WIB.

Berkat jurusnya, dia sukses menahan The Reds 1-1, pada gameweek ke-15. Terlebih Liverpool saat ini tengah beringas-beringasnya di ranah Inggris. Mau tahu rahasianya?

Allardyce menerapkan formasi parkir bus. Jurus parkir bus yang diterapkan beda dengan pola Jose Mourinho. Pelatih Tottenham Hotspur itu kerap menumpuk empat sampai lima pemain belakang bila berjumpa dengan tim yang minimal seimbang.

Kini Big Sam, sapaan Sam Allardyce membeber rahasianya. Dia menempatkan enam pemain belakang! Ditambah empat gelandang. Strategi ini hanya mengandalkan serangan balik.

Menumpuk enam pemain di belakang dan empat di tengah mengundang risiko. Tetapi Big Sam sanggup memberi bukti, sekaligus membuat Liverpool kebingungan.

Si Merah dibiarkan memainkan bola lebih banyak. WBA juga sanggup meminimalisasi tembakan ke gawang mereka.

Faktanya, Liverpool hanya melepaskan tiga tembakan terarah dari 17 percobaan. Bandingkan dengan tim tamu yang melepas lima tembakan dengan tiga terarah, satu di antaranya berbuah gol.

Penguasaan bola WBA juga nggak buruk-buruk banget, 21 persen berbanding 79 persen. Dan hanya melepas 213 operan, dengan akurasi 56 persen. Well, Mourinho layak meniru gaya Big Sam.

Artikel Lainnya