Motor Listrik Italia Hadir di Indonesia, Namanya Keren, Tongkrongannya Benar-benar Garang

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: 100KPJ.

Pabrikan motor asal Eropa bakal meramaikan pasar otomotif listrik di Tanah Air. Hal ini ditandai dengan rencana masuknya Energica Ego yang dijadwalkan mengaspal tahun ini. Motor tersebut tergolong supersport listrik pertama di Indonesia.

Bila membaca namanya, motor tersebut berasal dari Italia. Anda benar. Motor tersebut berasal dar Negeri Pizza yang dipasok oleh PT Utomo International atau Utomocorp secara utuh.

Chief Executive Officer (CEO) Utomocorp, Denny Utomo memastikan, motor bertenaga buas tersebut bakal menyapa publik Indonesia tahun ini. Bahkan, jika tak ada halangan, Energica Ego sudah bisa dikenalkan Juni mendatang.

“Untuk Energica, peluncurannya (di Indonesia) kita lihat satu setengah bulan ke depan,” kata Denny, mengutip 100KPJ, Sabtu 17 April 2021.

Sebenarnya Energica Ego sudah tiba jauh lebih awal. Yakni pada pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS Hybrid 2021. Namun, proses pengirimannya mengalami penundaan setelah macetnya Terusan Suez, Mesir belum lama ini.

“Sebetulnya kita mau launching juga (di IIMS Hybrid 2021) cuma karena saya berusaha kirim pakai kapal, tapi kemarin ada kendala di Terusan Suez, kapal jadi susah,” terang Denny.

“Kita mau terbangkan pakai pesawat tidak boleh karena baterainya high power. Jadi, tidak diizinkan ditaruh kargo atau komersial. Terbang juga tidak boleh,” sambungnya.

Energica Ego merupakan motor listrik premium yang ditujukan untuk konsumen penyuka moge. Kendaraan kencang tersebut hadir melalui dua varian berbeda, yakni Ego standar dan Ego+.

Pada varian standar, motor dibekali dengan baterai lithium ion 13,4 kWh dengan jarak tempuh 130-300 kilometer. Sedangkan tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 145 daya kuda dan torsi puncak 200 Nm.

Kemudian pada varian Ego+, baterainya menggunakan lithium ion 21,5 kWh yang bisa digunakan untuk menempuh jarak 180-400 kilometer.

Pembekalan tersebut membuat kendaraan mampu menghasilkan tenaga maksimum yang sama, yakni 145 daya kuda, namun torsi yang membengkak menjadi 215 Nm.

Artikel Lainnya