Mood Kerja di Rumah Bisa Optimal dengan Aroma Terapi, Kok Bisa?

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Macmillan Dictionary.

Kerja di rumah itu mudah bosan. Kadang cepat ngantuk dan mudah lapar. Entah itu faktor psikologis atau memang kebetulan.

Tidak jarang pekerjaan yang bisa cepat selesai, malah tertunda. Belum lagi kehadiran anak-anak yang juga menjalani sekolah daring di rumah.

Nah, untuk menunjang produktivitas kerja di rumah, Anda butuh ruang yang nyaman dan bebas gangguan. Cobalah menambahkan aroma terapi di ruang kerja. Aroma terapi bisa membuat lebih fokus dan berenergi dalam beraktivitas.

Pakar psikologi aroma dan CEO Lifetherapy Lynette Lovelace, kepada Kompas mengatakan bahwa lilin beraroma dengan minyak esensial adalah cara yang baik untuk meningkatkan produktivitas dan suasana hati sepanjang hari.

“Carilah aroma berbahan dasar jeruk untuk dorongan motivasi dan fokus selama kerja. Bisa juga lavender yang menenangkan guna menenangkan pikiran saat melakukan mengikuti zoom dalam waktu lama," ujarnya.

Eckerblad mengatakan bahwa inhaler aroma terapi berbentuk tabung plastik yang diisi dengan kapas, yang dilapisi minyak esensial, sangat cocok dipakai di pagi hari.

“Gunakan inhaler dengan aroma berbeda-beda, dan latihan pernapasan penuh kesadaran (mindful breathing exercise), dan Anda akan memulai hari dengan fokus dan mengakhirinya dengan tidur nyenyak,” sambungnya.

“Tanaman bisa jadi aromaterapi alami, dan memelihara tanaman di rumah adalah cara yang baik untuk membawa aroma alami ke dalam ruangan, membersihkan udara dan memperbaiki suasana hati,” Eckerblad menjelaskan.

Beberapa tanaman yang dianjurkan antara lain anggrek, mawar dan pohon zaitun. Namun, tidak ada salahnya memilih jenis tanaman lain yang kita sukai. Coba sajalah di rumah.

Artikel Lainnya