Moms, Trik Membuat Daging Jadi Lebih Empuk, Ada Bahan Alamiah yang Mudah Didapat

Nyedulur
  • 11 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Mengonsumsi daging dengan tekstur yang masih keras sangat mengganggu. Tidak jarang daging yang keras bisa merusak gigi. Selain itu, daging yang keras meninggalkan makanan di sela-sla gigi.

Agar daging terasa lembut dan empuk saat dikunyah, Anda bisa menggunakan jurus khusus. Gampang dan tidak perlu biaya mahal, sebagaimana dirangkum dari Kompas.

Menurut Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group Stefu Santoso, salah satu trik yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan tenderizer atau pengempuk daging.

Ada beragam jenis bahan pengempuk yang bisa digunakan ketika merebus daging. Dua di antaranya merupakan bahan alami yang mudah ditemukan dan cukup efektif mengempukkan daging.

“Tenderizer secara umum yang bisa dipakai berasal dari daun pepaya. Kemudian juga dari nanas,” kata Stefu.

Getah pada daun pepaya bisa membantu membuat daging lebih empuk ketika direbus. Cara penggunaannya adalah dengan meremas-remas daun pepaya sedikit hingga getahnya bisa keluar. Kemudian bungkus daging dengan daun pepaya dan biarkan selama beberapa waktu.

Setelah itu lepas bungkusan daun pepaya dan rebus daging hingga empuk dan matang. Biasanya daging membutuhkan waktu lebih singkat untuk bisa empuk.

Namun hati-hati, jangan terlalu banyak menggunakan daun pepaya dan jangan juga terlalu lama membungkus daging.

Daging akan sangat mudah empuk, sehingga akan mudah hancur ketika direbus. Daun pepaya juga bisa memengaruhi rasa daging.

“Kalau kelamaan dibungkus daun pepaya itu menyebabkan dagingnya menjadi getir,” imbuh Stefu.

Selain bahan alami, ada juga beberapa pengempuk daging lainnya. Misalnya, bubuk meat tenderizer powder yang praktis dan bisa ditemukan di supermarket.

Selain itu, orang juga biasa menggunakan cuka dan baking soda untuk mengempukkan daging. Mengoleskan soda kue pada permukaan daging dapat meningkatkan kadar pH.

Secara tidak langsung, hal ini bisa membuat protein daging lebih sulit terikat, sehingga teksturnya menjadi lebih empuk dan juicy.

Artikel Lainnya