Moms, Sediakan Bawang Bombay di Dapur, Bukan Sekadar Bumbu, Manfaat untuk Kesehatan Cukup Banyak

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Tidak lengkap rasanya jika masakan tanpa bawang bombay. Padahal masakan dari berbagai negara telah memasukkan sayuran akar ini. Sebut saja salad, steak, babekyu, maupun kebab kerap selalu memasukkan bawang bombay.

Bawang bombay termasuk jenis bawang yang paling banyak dibudidayakan. Sementara sayuran akar ini kerap ditinggalkan sebagai bumbu masak beberapa masakan Indonesia.

Salah satu alasan meninggalkan Bombay karena bisa menguras air mata. Ini disebabkan zat propantial oksida yang dikeluarkan bawang cukup banyak.

Jenis sayuran yang kerabat dengan bawang putih dan merah ini menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti dilansir Healthline melalui CNN Indonesia, mengonsumsi bawang bombay bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan antioksidannya mampu melawan peradangan, menurunkan trigliserida dan menurunkan kadar kolesterol.

Bawang ini memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. So, bawang ini bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan melindungi dari pembekuan darah. Bawang bombay juga mengandung quercetin, komponen flavonoid yang ampuh melawan inflamasi.

Sebuah studi pada 70 orang yang kelebihan berat badan dan tekanan darah tinggi menemukan dosis 162 miligram ekstrak bawang dengan quercetin per hari. Secara signifikan menurunkan tekanan darah sistolik 3-6 mmHg dibanding plasebo.

Dalam bawang bombay berukuran sedang mengandung 11 miligram vitamin C yang cukup bagus untuk menguatkan imun. Tidak hanya itu, kemampuan melindungi tubuh dari penyakit telah dilengkapi dengan kandungan komponen fitokimia bawang.

Konsumsi bahan pangan dengan kandungan allium berhubungan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Termasuk kanker perut dan kanker usus besar (kolorektal).

Tinjauan pada 26 studi menunjukkan konsumsi sayuran dengan allium, 22 persen lebih rendah didiagnosis kanker perut daripada yang mengonsumsi lebih sedikit. Apakah sudah sedia bawang bombay di dapur?

Artikel Lainnya