nyedulur.com

Moms, Risiko Alergi Anak Lahir Caesar Lebih Gede, Ini Cara Mengenalinya

Liputan6
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Merencanakan persalinan normal dan caesar memiliki keuntungan dan kelemahan. Tentunya kedua opsi tersebut sudah memiliki pertimbangan dari sisi medis.

Perslainan operasi caesar menjadi opsi lantaran pertimbangan medis. Umumnya disebabkan panggul kecil, sungsang atau sebab medis lainnya. Faktor nonmedis bisa disebabkan program melahirkan pada tanggal cantik.

Nah, Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof Budi Setiabudiawan menjelaskan ada kelemahan saat melahirkan secara caesar section. Salah satunya adalah masalah alergi.

Budi menjelaskan bahwa, riwayat alergi dari kedua orang tua membuat anak berisiko 40-60 peren terkena alergi. Namun, jika salah satu orangtua memiliki riwayat alergi, risikonya 20-40 persen.

“Apabila ditangani sejak dini, maka alergi ini tidak akan berlanjut ke penyakit seperti eksim, asma, rhinitis alergi,” kata Prof Budi seperti dilansir dari Liputan6.

Menurutnya, apabila terlambat diagnosa, dampak yang ditimbulkan meningkatkan risiko penyakit degenerative.

Beberapa penyakit yang bisa menyerang meliputi obesitas, hipertensi, dan sakit jantung.

Berikut merupakan beberapa faktor resiko alergi lainnya, yaitu paparan asap rokok, polusi lingkungan, kurang paparan sinar matahari, kurang vitamin D, pengenalan makanan padat yang tertunda.

Moms, pertimbangkan dan konsultasikan secara matang dengan ahli medis. Persiapkan dengan matang proses persalinan yang telah dipilih.

Artikel Lainnya