Moms, Perhatikan Tanamannya agar Tidak Mudah Layu, Ini Cara Merawatnya

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Saat pandemi ini banyak orang yang memilih memelihara binatang peliharaan dan merawat tanaman. Dua kesibukan ini untuk memberi hiburan di waktu senggang.

Selain itu, banyak juga pebisnis yang mulai berjualan aneka tanaman. Bahkan harganya tergolong mahal, hingga puluhan juta rupiah. Malahan tanaman itu mudah dijumpai baik di pinggir jalan maupun dijual online.

Tanaman yang dirawat bisa bervariasai. Mulai dari hiasan kaktus, bunga gantung, hingga tanaman anggrek, janda bolong dan tanaman lain.

Akan tetapi, jika tanaman tidak dirawat dengan baik, bisa layu. Pastinya akan mati jika tidak ditangani dengan baik.

Dilansir dari Kompas, berikut alasan mengapa tanaman hias terus layu dan hampir mati walau sudah dirawat. Menyiram tanaman terlalu sering dapat membuat akar busuk hingga akhirnya tanaman mati.

Hal yang sama juga bisa terjadi apabila tanah membutuhkan waktu terlalu lama untuk mengering. Ketika tanah yang masih basah disiram air lagi, bisa menyebabkan tanaman kebanyakan air. Akibatnya sama, akar bisa membusuk yang membuat tanaman mati.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan akar membusuk. Salah satunya daunnya layu. Jika daun tanaman layu dan tanah terasa lembap, kemungkinan akar membusuk. Tanda lainnya adalah rontoknya daun yang menguning dan tumbuh jamur di permukaan tanah.

Sebetulnya ad acara menghindari tanaman supaya tidak mudah layu. Untuk merawat tanaman yang akarnya membusuk, keluarkan tanaman dari pot. Lalu, buang semua akar yang mati sebanyak mungkin.

Tanam kembali tanaman ke pot baru. Lalu, siram dengan sedikit air sampai tanah basah, tetapi tidak tergenang. Tanda tanaman kekurangan air hampir sama seperti kebanyakan air. Daun akan mulai rontok dan tanaman terlihat layu.

Saat hal ini terjadi, coba perhatikan kondisi tanah. Ikuti langkah berikut.

Artikel Lainnya