Moms, Manfaat Nanas Bisa Kurangi Risiko Kanker dan Tingkatkan Imun, Juga Bagus untuk Buah Hati

Nyedulur
  • 12 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Nanas tergolong buah tropis yang kaya akan manfaat. Itu sebabnya cukup banyak minuman dengan gaya tropikal yang memasukkan unsur nanas di dalamanya. Contohnya adalah koktail yang memasukkan nanas sebagai buah campuran.

Banyak pengamat menyatakan nanas bukan dari Indonesia. Buah ini berasal dari negara-negara tropis di Amerika Selatan. Namun nanas mudah dijumpai di Indonesia lantaran dijual mulai dari pasar tradisional hingga modern.

Manfaat nanas cukup banyak untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral sangat dibutuhkan tubuh. Namun Anda perlu tahu bahwa nanas tidak disarankan bagi penderita diabetes dan wanita hamil.

Berdasarkan catatan Kompas, manfaat nanas cukup banyak. Salah satunya adalah kandungan antioksidan yang membantu tubuh melawan stres oksidatif akibat radikal bebas.

Radikal bebas berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem imun yang lemah, dan penyakit berbahaya.

Sementara antioksidan yang banyak ditemukan dalam buah nanas adalah flavonoid dan asam fenolik.

Nanas mengandung enzim pencernaan yang disebut bromelain. Bromelain berfungsi sebagai protease yang memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptida kecil.

Setelah molekul dipecah, dia akan lebih mudah diserap di usus kecil. Ini sangat membantu bagi orang yang mengalami insufisiensi pankreas.

Kanker merupakan penyakit kronis yang perkembangannya dikaitkan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Beberapa penelitian menunjukkan, nanas dan senyawanya dapat menurunkan risiko kanker karena antioksidannya dapat melawan stres oksidatif.

Selain itu, studi tabung reaksi telah menunjukkan bahwa bromelain, yang juga ditemukan dalam nanas, mampu melawan kanker.

Sebuah studi selama sembilan minggu memberi makan 98 anak sehat tanpa nanas, beberapa nanas (140 gram), dan banyak nanas (280 gram) untuk mengamati sistem imun mereka.

Alhasil, anak-anak yang makan nanas memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang jauh lebih rendah. Selain itu, anak-anak yang makan nanas paling banyak memiliki sel darah putih yang melawan penyakit hampir empat kali lipat lebih banyak.

Artikel Lainnya