Moms, Kolang Kaling Bagus untuk Diet, Cara Mengolahnya Sederhana Banget, Dijamin Nggak Bau

Nyedulur
  • 14 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Media Indonesia.

Kolang kaling cocok dijadikan campuran minuman segar. Terlebih di bulan Ramadan seperti saat ini, kolang kaling sering diburu untuk hidangan takjil.

Sebab cemilan kenyal dari buah aren yang dikeringkan ini bisa dipadukan dengan kolak. Bisa juga dengan es campur atau minuman segar lainnya, baik hangat maupun dingin.

Makanan ini juga dipercaya dapat membantu program diet. Sebab kolang kaling rendah protein maupun lemak.

Sebetulnya, mengolah kolang-kaling susah-susah gampang. Sebab, jika tidak pandai-pandai mengolah, akan timbul bau yang kurang sedap. Itulah alasan kolang kaling sulit dihidangkan sebagai takjil.

Tidak ada salahnya untuk mencoba. Ada tips sederhana mengolah kolang kaling agar tidak bau. Diinformasikan dari CNN Indonesia, sebelum diolah, kolang-kaling yang sudah dibeli harus dicuci sampai bersih.

“Cuci dengan air mengalir (bukan direndam),” ungkap Executive Chef The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, Sean Macdougall.

Mencuci di bawah air mengalir dan bukan merendamnya akan membuat kotoran langsung terbuang dan tak menempel di buahnya. Sedangkan jika direndam, kemungkinan kotoran masih menempel sangat besar.

“Setelah dicuci, rendam dengan air hangat selama dua jam, setelah itu kita bisa mencucinya kembali,” Sean Macdougall menambahkan.

Untuk membuatnya lunak, rebus kolang-kaling sebelum dimasak. Perlu diingat, kolang-kaling tak punya rasa apapun.

Setelah direbus sampai lunak, kolang-kaling bisa direbus kembali dalam air gula atau dengan tambahan pewarna sesuai yang diinginkan.

Chef Rizky Annisa dari Ritz Carlton Pasific Place memberikan tips lain agar kolang-kaling punya rasa yang enak dan tak berbau langu.

“Pastikan rebus kolang-kalingnya pakai gula dan beberapa herbs seperti kayumanis, bunga lawang, atau lainnya biar kolang kaling rasanya kuat dan tidak langu,” katanya.

Moms, sepertinya tips tersebut bisa diaplikasikan hari ini.

Artikel Lainnya