nyedulur.com

Moms, Ini Tips agar Tubuh Kembali Normal Usai Persalinan, Nggak Mahal

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Clinical Leader.

Tubuh wanita mengalami perubahan drastis setelah melahirkan. Akibatnya nggak pede dengan penampilannya. Lebih berisi. Terutama perubahan pada kulit area perut. Begitu juga dengan perubahan pada vagina dan salurah kemih.

Perubahan fisik inilah yang menyebabkan ibu stress. Sementara merawat dan mengembalikan bentuk fisik butuh waktu yang tak sebentar. Tenang, moms. Ada cara untuk mengembalikan.

Mengutip Healthline melalui CNN Indonesia, salah satu cara mudah mengencangkan perut dengan menambah asupan cairan. Pastikan asupan cairan sebelum dan setelah melahirkan. Cairan akan meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah kulit kendur.

Selain itu, air juga mendorong metabolisme dan membantu membakar lebih banyak lemak. Paling tidak minum sekitar tiga liter air setiap hari.

Upaya mengencangkan perut perlu disertai dengan konsumsi protein. Protein bisa membentuk otot perut makin kencang.

Protein juga mengandung kolagen yang memberikan kekenyalan pada kulit. Padukan dengan konsumsi lemak sehat agar pembentukan otot bisa maksimal.

Asupan protein bisa diperoleh dari kacang-kacangan, boga bahari atau seafood, daging tanpa lemak, telur, dan produk pangan dari kedelai.

Tak hanya itu, pijatan juga mampu membantu memperlancar peredaran darah di area perut. Lakukan pijatan menggunakan minyak pijat atau lotion dengan kandungan kolagen serta vitamin K, A, E, dan C. Nutrisi ini membantu kulit perut lebih kencang.

Beberapa minyak berbasis tumbuhan bisa membantu memperbaiki kondisi kulit karena kandungan antioksidan. Contohnya adalah minyak almond.

Anda juga bisa memijatnya dengan melarutkan minyak esensial dengan minyak pelarut, seperti minyak jojoba atau minyak kelapa.

Penting untuk merawat kulit perut dengan eksfoliasi rutin satu atau dua kali seminggu. Eksfoliasi akan mengangkat sel-sel kulit mati dan mengencangkan kulit. Apa sih eksfoliasi itu?

Artikel Lainnya