Modus Arisan, Emak-emak Gondol Uang Warga Mojokerto, Rp1 Miliar! Lokasi Penangkapannya Miris

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Wanita bernama Tarmiati alias Mia (42) ini cukup berani. Warga asal Desa Kembangsri, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto ini telah menggondol uang sebagian warga setempat.

Tidak main-main uang yang dia gasak. Total senilai Rp1 miliar! Duit itu didapat melalui arisan fiktif yang dia kelola. Walhasil, dia menjadi incaran Polres Mojokerto, dan ditangkap di kontrakannya Desa Sidoarjo, Sragen, Jawa Tengah, Selasa 18 Mei 2021.

Dijelaskan Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, kasus penipuan dengan modus arisan ini terungkap setelah sejumlah orang yang menjadi korban melaporkan ke polisi pada 15 April 2021.

“Arisan dan simpan pinjam yang diberikan beberapa hal menguntungkan kepada masyarakat. Ada dua TKP, di rumah korban dan tersangka,” katanya, mengutip Suara, Senin 24 Mei 2021.

TKP di rumah korban bernama Jami’ah di Desa Lolawang, Kecamatan Ngoro. Sementara rumah tersangka di Desa Kembangsri, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Sementara rentang waktu penipuan dan penggelapan mulai Mei 2020 hingga April 2021. Tersangka beraksi kurang lebih satu tahun.

“Tersangka merupakan ibu rumah tangga. Kasus ini berawal pada bulan Mei 2020, dengan mendatangi para ketua kelompok arisan. Ada beberapa kelompok arisan di Ngoro yang merupakan ibu-ibu, tersangka menawarkan paket arisan dengan menggunakan brosur. Ada beberapa keuntungan dari arisan paket lebaran,” ujarnya.

Dony melanjutkan, modus penipuannya dengan meminta korban menyerahkan uang yang nantinya akan dikembalikan dan ditambah parcel Lebaran.

Ada 400 orang yang menjadi korban arisan lebaran fiktif tersangka dengan kerugian mencapai Rp1 miliar.

Saat ini Polres Mojokerto telah mendirikan posko pengaduan di Polsek Ngoro agar masyarakat yang menjadi korban bisa melapor.

“Tersangka melarikan diri dengan suaminya dan membawa aset, dua kendaraan roda empat pada 15 April 2021. Alhamdulillah pada 18 Mei, Polsek Ngoro bekerja sama dengan Satreskrim Polres Mojokerto mengamankan tersangka di Sragen beserta beberapa barang bukti,” urainya.

Artikel Lainnya