Mobil Jokowi Terjang Banjir Di Kalsel, Toyota Land Cruiser Langsung Jadi Buruan Di AS, Ini Alasannya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Liputan6/Antara.

Masih ingat dengan kejadian mobil Presiden Jokowi menerjang banjir saat di Kalimantan Selatan? Seperti diketahui jika peristiwa tersebut terjadi saa Jokowi mengunjungi warga korban banjir di Kalsel, pada Senin 19 Januari 2021 lalu.

Saat itu Jokowi mengunjungi korban banjir dengan mengendarai Toyota Land Cruiser. Mobil yang ditumpangi mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlihat gagah menerjang banjir.

Tentu momen itu membuat viral. Toyota tersenyum bangga. Sebab mobil yang dinaiki Jokowi mendadak jadi omongan. Bahkan Toyota Land Cruiser jadi bahan omongan di Amerika Serikat. Penjualannya meningkat hingga lebih dari 100 persen dari tahun sebelumnya, lho.

Terlebih jika nasib Toyota Land Cruiser di sejumlah wilayah Amerika Serikat sedang bagus-bagusnya. Dikutip Carbuzz melalui Detik, penjualan Land Cruiser bulan Januari 2021 adalah yang tertinggi dalam satu dekade, yakni dengan mengirim sebanyak 689 unit.

Kedengarannya mungkin tidak banyak, tapi penjualan ini mengalami peningkatan 221 persen dari Januari 2020. Bulan tertinggi kedua adalah Desember 2020 dengan 606 unit.

Usut punya usut, meningkatnya penjualan SUV mewah pabrikan asal Jepang di AS itu lantaran kabar setop penjualan Land Cruiser pada 2022.

“Ini berkaitan pengumuman kami bahwa kami menghentikan penjualan Land Cruiser di AS setelah model tahun ini (2021),” bunyi pernyataan Toyota.

Memang Toyota bakal 'menyuntik mati' Sport Utility Vehicle (SUV) ikonik di Amerika Serikat ini sudah berhembus pada 28 Desember 2020 lalu. Kabar burungnya bakal dirilis Toyota Tundra sebagai pengganti saudara tuanya tersebut.

Sepanjang tahun 2019, Toyota menjual 3.536 Land Cruise di AS, yang mewakili peningkatan penjualan 9,7 persen selama 2018. Walaupun naik, kontribusinya masih kecil untuk merek yang bisa menjual jutaan kendaraan setiap tahunnya.

Dugaan sementara, Land Cruiser akan kembali datang dengan membawa sejumlah perubahan signifikan di masa yang akan datang.

Ini sempat dilakukan Toyota pada mobil lain, yakni menghentikan produksi mobil sport Supra sejak 2002.

Artikel Lainnya