Misterius, Air Dingin Bisa Bikin Gigi Sakit, Kenapa?

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Minum air dingin selepas olahraga bisa menyegarkan. Begitu juga dengan mengonsumsi es krim saat suhu cuaca panas bisa meredakan gerah. Apa jadinya jika di sela-sela minum es tiba-tiba gigi terasa ngilu.

Hal ini biasanya terjadi ketika Anda memiliki gigi sensitif. Gigi bisa terasa ngilu karena lapisan pelindung gigi mengalami pengikisan atau terpaparnya akar gigi.

Dilansir dari Kompas, para ilmwan juga telah menemukan sel dan sinyal di bagian gigi yang sensitif, yang mendeteksi penurunan suhu yang besar dan memicu sakit gigi.

Selain itu, orang dengan kerusakan gigi rentan terhadap rasa sakit ini. Temuan ini membuka jalan untuk penemuan produk perawatan baru, seperti pasta gigi atau penambal gigi khusus. Bahkan bisa menggunakan permen karet, kata mereka.

Prof Katharina Zimmermann adalah peneliti utama dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances itu.

“Begitu ada molekul yang ditargetkan, ada kemungkinan pengobatan,” kata Zimmermann.

Target yang disebut TRPC5, dan tim Prof Zimmermann di Universitas Friedrich Alexander Erlangen Nürnberg di Jerman menelusuri lokasinya ke jenis sel spesifik.

Yaitu odontoblas yang berada di antara pulpa lunak bagian dalam dan lapisan luar yang keras dari gigi yang terdiri dari dentin, kemudian enamel.

Enamel tidak bisa merasa, berbeda dengan dentin. Dentin terhubung ke pulpa paling dalam, tempat sel-sel saraf berada.

Jika dentin terekspos, setelah kerusakan gigi atau penyakit gusi misalnya, rangsangan akibat suhu yang dingin atau cairan tertentu akan menyebabkan ngilu.

Para peneliti mempelajari tikus dan manusia untuk memahami bagaimana rasa sakit muncul, lalu merekam apa yang terjadi di sel dan saraf. Hasilnya seperti ini.

Artikel Lainnya