Menyibak Kisah Mistis Kalisosok yang Tinggal Kenangan, Kini Mulai Terawat

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Detik.

Cukup banyak gedung yang memiliki nilai sejarah di Surabaya. Gedung-gedung tersebut beberapa di antaranya ada yang masih terawat dengan baik. Namun tak sedikit yang tak terurus.

Di antara gedung-gedung bersejarah itu tidak hanya menyimpan sejarah. Tapi ada bumbu mistis yang sulit untuk ditinggalkan.

Sebut saja penjara Kalisosok yang ada di Jalan Kasuari, Krembangan, Surabaya. Di dalamnya terdapat penjara bawah tanah, yang paling ditakuti narapidana pada masanya.

Karena penjara bawah tanah tersebut memiliki ruang yang sempit, gelap dan pengap. Belum lagi, tempat ini pernah dijadikan tempat penyiksaan.

Hingga saat ini, masyarakat sekitar masih mendengar suara teriakan minta tolong. Meskipun tempat itu sudah tidak ada yang menempatinya.

Cerita-cerita menyeramkan itu tinggal kenangan. Mengutip Detik, Pemkot Surabaya membesihkan penjara yang dibangun Belanda pada abad 18 itu.

Upaya pembersihan itu merupakan perlindungan cagar budaya dengan menetapkan batas-batas keluasan, serta pemanfaatan ruang berdasarkan hasil kajian.

Ketua TACB Surabaya, Retno Hastijanti mengatakan, pembersihan ini menjadi langkah awal untuk melakukan pemetaan. Tentu saja sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Kami langsung pemetaan singkat. Jadi ya harus dicicil. Analisa zonasi yang dilakukan harus secara terintegrasi,” katanya.

Ke depan pihaknya akan menggunakan berbagai layer peta yang ada dari berbagai zaman dan pendudukan. Menurutnya, bekas penjara tersebut tidak hanya pernah dikelola oleh Indonesia, tapi Jepang maupun Belanda.

Penjara yang sudah tidak digunakan pascareformasi itu dibersihkan setelah mendapat lampu hijau dari pihak pengelola.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya telah menyurati pengelola yang berada di Jakarta. Retno menjelaskan, pembersihan ini memiliki dua tahapan.

Artikel Lainnya