Menyehatkan, Berikut Makanan Tinggi Kalori yang Bisa Jadi Teman Sahur dan Berbuka

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Simply Recipes.

Setiap makanan memiliki kadar kalori yang berbeda-beda. Selain itu, makanan tinggi kalori pun belum tentu baik, dan juga tidak selalu buruk bagi tubuh.

Walaupun, makanan berkalori tinggi kerap dihubungkan dengan meningkatnya berat badan, faktanya dikonsumsi dengan tepat bisa bermanfaat bagi tubuh.

Nah, bagi yang menjalankan program diet, sepatutnya menghindari makanan berkalori tinggi. Tetapi, ada juga beberapa makanan tinggi kalori, dan dikemas dengan nutrisi yang sangat penting.

Fungsinya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja makannya? Berikut beberapa makanan padat kalori yang menyehatkan.

Mengutip IDN Times, jika Anda ingin menambah berat badan secara sehat dan enak, bisa ngemil keju cheddar. Satu porsi atau sekitar 28 g keju cheddar mengandung sekitar 110 kalori dan 7 gram protein.

Keju sangat bisa ditambahkan ke dalam berbagai makanan. Sebut saja salad, roti gandum maupun sayuran lain.

Kombinasi keju dengan daging merah yang tidak diolah berpotensi mengurangi risiko kematian dini. Malahan bisa meningkatkan kesehatan jantung, menurut studi dalam McMaster University.

Satu lagi adalah alpukat. Buah hijau berdaging lembut ini adalah salah satu makanan sehat berkalori tinggi yang direkomendasikan banyak pakar nutrisi.

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi yang menyehatkan. Selain itu, buah ini juga memiliki karotenoid tembaga, folat, dan kalium.

Sebuah studi yang diterbitkan Nutrition Journal menemukan bahwa individu yang rutin makan alpukat memiliki kadar kolesterol baik yang lebih tinggi.

Selanjutnya, ikan berlemak adalah makanan serbaguna berkalori tinggi yang menawarkan manfaat kesehatan. Sebagai contoh, tiap 100 g salmon memiliki 13g lemak dan 208kkal.

Sebuah studi yang dilaporkan di National Eye Institute menemukan bahwa laki-laki dengan tingkat tinggi asam lemak omega-3 dari salmon dalam makanan mereka sepertiga lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kehilangan penglihatan.

Ditambah, ikan juga mengandung vitamin D, nutrisi penting yang mengatur jumlah kalsium dan fosfor dalam tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan mental, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Artikel Lainnya