Menurunkan Berat Badan di Kantor Mudah Kok, Ikuti Langkah-langkahnya

Nyedulur
  • 23 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Freepik.

Salah satu bentuk tubuh yang sering disorot adalah perut. Lemak di perut atau fat belly, sering mengganggu pandangan. Baik pemilik, maupun orang lain.

Biasanya lemak di perut disebabkan faktor naiknya berat badan. Nah, naiknya berat badan dikarenakan rutinitas di kantor yang padat, kebiasaan ngemil, dan jarang berolahraga. Akibatnya lemak di perut makin subur.

Well, jangan cemas. Ada beberapa cara menurunkan berat badan di tengah kesibukan. Bahkan bisa dilakukan di kantor. Merangkum Jawa Pos, beberapa tips bisa dilakukan di kantor untuk menurunkan berat badan.

Minum banyak air selama jam kerja bisa membantu tubuh tak mudah lelah. Sebab mengonsumsi air dalam jumlah banyak bisa mencegah dehidrasi, sakit kepala dan menjauhkan diri dari ngemil.

Menurut American Council Of Exercise, wanita harus minum setidaknya 2,7 liter air setiap hari dan pria 2,8 liter di tempat kerja. Selain itu, minum air putih bisa memberi dorongan energi yang cepat ke tubuh.

Mengunyah permen karet selama jam kerja akan membuat seseorang lebih waspada dan akan membantu mengurangi kecemasan, stres, dan kortisol saliva. Hormon stres mempercepat sel lemak, yang menyebabkan akumulasi lemak di daerah perut dan memperbesar lingkar pinggang.

Hindari makanan cepat saji pada jam makan siang. Makanan yang biasa disebut junk food ini memiliki kalori yang tinggi. Sehingga akan menambah berat badan dan membuat seseorang merasa lesu. Sebagai gantinya, bawa bekal makan dari rumah yang bergizi setiap hari.

Saat datang ke kantor di pagi hari, sebaiknya pilih teh hijau yang dapat membakar lemak. Teh hijau berisi katekin yang meningkatkan oksidasi lemak.

Jika ruangan kantor terletak di lantai yang tidak terlalu tinggi sebaiknya naik tangga. Jangan menggunakan lift. Dengan demikian, bisa membakar kalori.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa berdiri di sela-sela jam kerja akan membakar kalori ekstra daripada duduk. Berdiri membakar 50 kalori per jam, sehingga meningkatkan kekuatan inti, postur tubuh, dan bahkan kesehatan mental.

Saat akan mengemil, pilihlah salad dengan protein seperti ayam dan telur, serta makanan kaya serat, seperti alpukat dan kacang-kacangan.

Biji chia sudah bisa diperoleh dengan mudah di pasaran. Biji chia kaya lemak omega-3, serat, protein, dan kalsium dan bijinya mudah diserap tubuh.

Saat di balik meja kantor, penting juga untuk berjalan setidaknya selama 2 menit setiap satu jam. Menurut Jurnal Klinis American Society of Nephrology, 2 menit berjalan kaki setiap jam sekali bisa mengubah efek duduk.

Artikel Lainnya