Menikmati Surga Tersembunyi di Ujung Timur Flores, Intip Tempatnya, Cantik Banget

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kementerian Pariwisata.

Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki objek wisata yang sangat kaya. Cukup banyak spot wisata yang tersebar dari ujung barat hingga timur di provinsi tersebut.

Tidak hanya Labuhan Bajo yang eksotis dengan binatang Komodo. Apalagi binatang endemik ini hanya ada di Indonesia. Satu-satunya! Sudah tahu, kan.

Wilayah yang terletak di Indonesia Timur ini selalu menyuguhkan pesona alam yang luar biasa. Bahkan disebut-sebut sebagai destinasi wisata kelas dunia!

Bro, ada satu destinasi wisata yang bisa dikatakan ajaib. Terkadang ada, dan suatu waktu hilang. Lenyap. Apalagi keajaiban alam tersebut juga bisa kapan saja muncul di tengah laut. Aneh, kan.

Pulau Pasir Timbul Meko namanya. Lokasinya terletak tidak jauh dari Pulau Adonara. Tempat ini adalah keajaiban. Uniknya, fenomena alam ini hanya bisa terlihat saat air laut surut.

Pulau Pasir Timbul Meko atau yang juga dikenal sebagai Pantai Meko, yang terletak di Dusun Meko, Kecamatan Witihama, Pulau Adonara, Flores Timur, NTT.

Dilansir dari Good From News From Indonesia, kata Meko berasal dari kata Beko yang dalam bahasa Adonara berarti mengambil dari dalam.

Nama ini penuh arti dan sejarah panjang. Dulunya, sebelum banyak dihuni penduduk, di Pantai Meko terdapat sebuah batu berlubang yang selalu disambangi seorang mama tua asal Desa Sandosi bernama Nogo.

Beko dalam bahasa Adonara "Nogo Soron Lima", adalah kata yang diplesetkan menjadi Meko dan nama tersebut terbawa hingga kini.

Objek wisata tersebut dinamai dengan pasir timbul Meko, lantaran terdapat gundukan pasir di tengah laut seperti pulau kecil tak berpenghuni.

Luasnya yang tidak sampai satu kilometer persegi. Keindahan alam yang disuguhkan sangat elok, dengan pasir putih yang sedikit berwarna pink. Cukup kontras dengan warna laut yang biru kehijauan.

Pasir warna pink itu berasal dari karang yang hancur. Keindahan ini tampak sempurna yang dipadu pulau-pulau berwarna hijau yang subur.

Tak ada ombak di pantai Pasir Timbul Meko. Hanya riak kecil air laut yang menyapu pasir putih yang lembut.

Namun, jika para wisatawan yang datang berkunjung bisa ‘kurang beruntung’, apabila air laut sedang pasang. Sebab pulau itu akan tenggelam.

Di Pulau Pasir Timbul Meko sudah tersedia beberapa pemandu perahu yang dapat mengantar mengunjungi pulau-pulau lain di sekitar Pulau Meko, yaitu Pulau Watan Peni, Pulau Kroko, dan Pulau Kelelawar.

Penasaran?

Artikel Lainnya