nyedulur.com

Menikmati Pemandangan ‘Negeri di Atas Awan’ Bagi Pendaki Pemula

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Bisnis Indonesia/Antara

Pesona Gunung Bromo mampu menyihir pengunjungnya. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara selalu terpesona dengan kecantikan Bromo.

Gunung yang berada di Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang itu selalu ramai dikunjungi wisatawan sepanjang tahun. Dan nyaris tidak pernah sepi.

Pemandangan Gunung Bromo memang fantastis dengan menyuguhkan fenomena langit. Seolah-olah seperti negeri di atas awan. Bisa juga disebut kumpulan awan berbentuk gulungan ombak. Pemandangan ini bisa dilihat dari Penanjakan (Kabupaten Pasuruan) maupun dari dari Ngadisari, Kabuapten Probolinggo.

Jika ingin melihat pemandangan negeri di atas awan butuh perjuangan. Setidaknya harus mendaki sampai puncak gunung yang kerap didaki pendaki di Indonesia.

Namun, bagi pendaki pemula yang ingin merasakan negeri di atas, awan dapat mengunjungi beberapa spot. Adapun Bromo merupakan salah satu dari sekian gunung yang wajib didaki para pemula.

Dilansir CNN Indonesia terdapat Nepal Van Java, yang merupakan pemukiman penduduk di kaki Gunung Sumbing. Tepatnya di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini pada bulan April sampai Juni sebelum pukul 05.00 WIB.

Begitu juga dengan Dataran Tinggi Dieng yang meupakan kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah. Daerah ini masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Turis bisa menikmati negeri di atas awan menjelang matahari terbit di Dataran Tinggi Dieng, dari Bukit Sikunir atau puncak Gunung Sindoro.

Satu lagi adalah kebun buah Mangunan yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini dikelilingi lembah. Sangat sayang untuk dilewatkan jika mampir ke Yogyakarta. Lokasi ini wajib untuk dikunjungi karena pemandangan negeri di atas awan bisa muncul setiap paginya.

Selain tempat wisata di atas, ada pula tempat wisata yang menyajikan pemandangan bak negeri di atas awan lainnya. Esbut saja Gunung Telomoyo, Gunung Luhur, Puncak Pilar, Gunung Putri, Dan Sunrise Point Cukul.

Artikel Lainnya