Menikmati Dermaga Apung di Tengah Danau Laut Tawar, Rujukan Wisata Bahari di Aceh

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Native Indonesia.

Danau Laut Tawar memiliki pesona yang luar biasa. Daya tarik yang dimiliki bukan sekadar cerita rakyat, tapi juga pesona alam yang dimiliki. Sangat luar biasa. Selain itu, juga banyak ikan endemik yang ada di danau tersebut.

Ikan yang dimaksud adalah ikan depik. Ikan ini hanya bisa dijumpai di Danau Laut Tawar. Bentuk ikan depik mirip dengan ikan teri. Tubuhnya kecil memanjang dan berwarna-warni. Kalau digoreng akan terasa renyah dan gurih sekali.

Lokasi danau ini berada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Sementara suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar.

Untuk menuju ke danau bisa melalui Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah, atau Dermaga Kota Takengon. Sementara Takengon berjarak sekitar 119 kilometer dari Lhokseumawe atau waktu tempuhnya kurang-lebih tiga jam.

Gaes, banyak yang tertipu dengan Danau Laut Tawar. Banyak yang menduga bila danau tersebut adalah laut. Sebab, hamparan air berwarna biru membentang panjang.

Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km, dengan volume air di kisaran 2.537.483.884 m³ (2,5 triliun liter).

Dengan luas danau yang besar, cukup banyak pesona wisata yang ditawarkan. Salah satunya berkeliling danau menggunakan speedboat atau menyewa sepeda.

Tidak semua speedboat berada di tepi danau. Ada yang berkeliling danau di dataran tinggi untuk mencari wisatwan. Harga yang ditawarkan relatif murah, yakni Rp20.000 per orang dan wisatawan akan mendapat jaket pelampung.

Satu lagi wisata yang ditawarkan adalah sebuah dermaga di atas danau. Lokasinya di Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar.

Di sini wisatawan bisa melihat keindahan Danau Lut Tawar dari sini. Malahan dermaga tersebut kerap digunakan pengunjung sebagai tempat untuk berfoto.

Anugerah Atlantik menyediakan speedboat aluminium maupun fiberglass untuk kegiatan wisata maupun SAR. Perusahaan di Sidoarjo ini juga memiliki jasa konsultasi pembelian perlengkapan dermaga apung.

Nah untuk mendapat pemesanan barang dan jasa konsultasi bisa menghubungi Anugerah Atlantik, Ruko Valencia Blok AC no. 08, Kelurahan Gemurung Kecamatan Gedangan, Sidoarjo 61254, nomor WA 0853-3102-0515.

Pemerintah setempat kerap menyelenggarakan festival yang biasa diselenggarakan di Bulan Desember. Kegiatan tersebut di antaranya Pentas Seni Budaya Lut Tawar, Gayo Art Carnival, Kampung Seni Gayo, Parade Perahu Hias, serta Lomba Balap Perahu.

Oh iya, Danau Laut Tawar memanjakan para pemancing. Di sekitar lokasi cukup banyak nelayan yang memburu ikan. Bahkan wisatawan dan warga membaur dengan nelayan berburu ikan.

Ada peringatan keras yang wajib patuhi wisatawan. Jang coba-coba untuk berenang di Danau Laut Tawar. Sebab kedalaman kolamnya mencapai 50-80 meter. Tak cocok untuk kegiatan berenang, apalagi yang belum mahir.

Selain berbahaya, di dasar danau dengan kedalaman 18 meter, terdapat bom aktif sisa penjajahan Belanda. Bom seberat 1,5 ton itu hingga kini belum bisa diangkat.

Artikel Lainnya