nyedulur.com

Mengintip Menteri Jokowi dari Perguruan Tinggi Swasta, Intip Yuk

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: CNN Indonesia.

Sebagian orang tua bangga anaknya bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Selain biaya masuk yang murah, masuk PTN favorit pada umumnya mencetak lulusan terbaik. Belum lagi jaringan alumnusnya kerap memberi kesempatan besar untuk berkarir di perushaan bonafit maupun di pemerintahan.

Sebetulnya perguruan tinggi swasta juga tak kalah dengan PTN. Cukup banyak perguruan tinggi swasta yang sanggup mencetak lulusannya duduk di pemerintahan. Setidaknya bisa menjadi pejabat negara, mulai dari tingkat kepala daerah hingga menteri.

Hal inilah yang terjadi di Kabinet Indonesia Maju (KIM), pimpinan Presiden Joko Widodo. Memang mayoritas pembantunya berasal dari PTN ternama. Sebut saja Universitas Gadjah Mada (UGM).

Melansir Kumparan, jajaran menteri Jokowi yang berasal dari PTS cukup banyak. Mereka adalah I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Menteri PPA), Johnny Gerard Plate (Menteri Komunikasi dan Informatika), Zainudin Amali (Menteri Pemuda dan Olahraga), dan Mahfud MD (Menko Polhukam).

I Gusti Ayu Bintang Darmawati merupakan alumnus S1 Manajemen dari Universitas Ngurah Rai, Bali. Sementara itu, Johnny Gerard Plate merupakan alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Atmajaya, Jakarta.

Lalu ada Zainudin Amali lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya, Jakarta. Adapun tokoh Madura, Mahfud MD merupakan alumnus S1 Ilmu Hukum Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Sebagai catatan, Mahfud MD memiliki dua ijazah S1. Selain di UII, dia juga menamatkan S1 di Sastra Arab UGM. Namun, dia tetap bisa dihitung berasal dari PTS.

Jika dilihat, jumlah menteri alumnus PTS di Kabinet Indonesia Maju hasil reshuffle lebih sedikit dibanding komposisi kabinet yang pertama kali dibentuk Jokowi. Siapa saja kah?

Artikel Lainnya