Mengenal Pika, Hewan Imut yang Hampir Punah, Disebut sebagai Kelinci Cerdas

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Popular Science.

Bagi penggemar flim anime pasti tahu dengan sosok karakter menggemaskan dari Jepang, yakni Pikachu.

Akan tetapi, kali ini tidak membahas Pikachu, karakter pokemon. Melainkan hewan yang memiliki nama pika. Sekilas, memang hampir mirip.

Binatang ini memiliki tubuh mungil dan imut. Siapa pun pasti mengira hewan ini masih keluarga marmot atau hamster. Namun, ternyata hewan ini berkerabat dekat dengan kelinci.

Tak hanya itu, pika kecil ini sempat dianggap punah selama 20 tahun. Namun populasinya ditemukan kembali oleh Weidong Li pada 1983 di pegunungan Tinashian, daerah Barat Laut Cina.

Nah kenali yuk fakta-fakta menarik seputar pika, hewan imut yang sempat terancam punah, dan sudah dirangkum dari IDN Times.

Biarpun nggak bertelinga panjang, pika tergolong dalam ordo lagomorpha bersama kelinci dan terwelu (hare). Hal ini karena pika merupakan herbivor, dengna empat gigi seri. Mirip seperti kelinci. Sementara hewan pengerat cenderung omnivor dan memiliki dua gigi seri.

Mamalia super bulat ini berukuran sebesar marmot. Menurut laman Britannica, rata-rata pika memiliki bobot 150-200 gram, dan panjang 15 cm. Hal ini membuat mereka jadi anggota terkecil di dalam ordo lagomorpha.

Menurut Animals Network, pika terbagi menjadi kurang lebih 30 spesies. Sebagian besar dari mereka hidup di Asia. Sementara sebagian kecil lainnya di Amerika Utara. Hampir semuanya hidup di wilayah ketinggian, sehingga telah beradaptasi dengan cuaca dingin.

Nyawa mereka bisa terancam apabila dipaksa hidup di iklim hangat atau panas. Oleh karena itu, perubahan iklim yang terjadi akhir-akhir ini berdampak buruk bagi keselamatan pika.

Biarpun hidup di wilayah beriklim dingin, pika gak melakukan hibernasi saat musim dingin. Mereka bertahan hidup dengan menyimpan banyak makanan di dalam sarang.

Mereka sudah mulai mengumpulkan rerumputan sejak musim panas untuk dikeringkan di bawah matahari sebelum disimpan untuk menghadapi ganasnya musim dingin. Pintar, ya ternyata.

Selain sama-sama herbivor dan memiliki empat gigi seri, pika dan kelinci juga punya kesamaan lain. Mereka punya cara yang sama dalam memproses makanan, yaitu dengan memakan kotorannya sendiri.

Pika mengeluarkan kotoran berwarna hijau yang terdiri atas tanaman atau tumbuh-tumbuhan. Supaya dapat lebih banyak nutrisi, mereka akan memakan kembali kotoran hijau ini. Setelah itu, mereka mengeluarkan kotoran berwarna gelap seperti kebanyakan.

Pika merupakan hewan yang hidup berkoloni. Masing-masing anggota punya sarangnya sendiri-sendiri.

Artikel Lainnya