Mengenal Generasi K-Pop, Dari yang Pertama Hingga Ketiga, Intip Yuk

Nyedulur
  • 7 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Allkpop.

Lagu yang dibawakan penyanyi Korea Selatan cukup populer. Tidak sebatas di negeri asalnya, lagu-lagu Korea juga populer di kawasan Asia, Amerika Serikat, hingga Eropa.

Saat ini grup vokal asal Korea yang cukup populer meliputi BTS, BLACKPINK dan lainnya. Namun kehebatan mereka tidak lepas dari munculnya generasi K-Pop pertama dan kedua. Dari dua generasi inilah dunia mengenal lagu maupun grup asal Korea.

Yuk mengenal lebih jauh generasi pertama dan kedua yang berkontribusi besar dalam mengorbitkan K-Pop di dunia.

Banyak yang mengatakan jika lahirnya K-Pop saat munculnya boygrup bernama Seo Taiji and Boys yang beranggotakan Taiji, Hyun Suk, dan Lee Juno.

Mereka mengawali kariernya pada tahun 1992 namun memutuskan bubar di masa kejayaanya pada 1996.

Selain itu, di tahun 1992 juga beberapa grup K-Pop seperti S.E.S, Baby V.O.X, Diva, Turbo, dan Sechs Kies mengawali kariernya dengan gaya western.

Pada era generasi pertama, musiknya masih dinikmati publik Korea Selatan saja. Bahkan keberadaan K-Pop belum merambah negara-negara di Asia.

Lalu di generasi kedua K-Pop mulai menyebar ke beberapa negara di Asia. Minimal mulai dikenal di Jepang.

Dengan penyebaran Hallyu Wafe, banyak penggemar infternasional yang bermunculan dengan konsep fandom yang semakin menguat. Yakni di mana penggemar membentuk grup untuk mendukung idolnya.

Banyak yang berpendapat jika generasi kedua K-Pop dimulai pada 2003. Seperti vocal-group Super Junior, SNSD, Big Bang, Wonder Girl, 2PM, TVXQ dan 2 NE 1.

Di masa itu grup SNSD memperkenalkan K-Pop di AS, dan TVXQ di Jepang, disusul Super Junior memperkenalkan diri di Cina.

Berkat popularitas boygrup dan girlgrup pada generasi ini, banyak yang mengatakan bahwa generasi kedua ini adalah golden age K-Pop.

Selain itu, Super Junior juga memiliki sebutan bintang Hallyu lantaran sukses melebarkan sayap K-Pop diberbagai belahan dunia.

Melihat kepopuleran generasi kedua yang sangat menjanjikan agensi-agensi musik di Korea Selatan semakin gencar memperkenalkan idol-idol terbarunya.

Seperti EXO, BTS, BLACKPINK, Twice, Red Velved, G-Friend, dan masih banyak lainnya.

Artikel Lainnya