Mengapa Anjing Suka Menjilat Wajah Majikan? Perhatikan Perilakunya

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Anjing menunjukkan kasih sayang kepada tuannya dengan berbagai cara. Malah tidak jarang dia bersikap genit atau mencari perhatian. Terlebih jika lama tidak bersua, tingkahnya aneh-aneh.

Semisal menggonggong, mengibaskan ekor, dan menjilat tubuh majikannya. Tapi jika ngambek, bisa timbul masalah. Semisal membuang sepatu, merobek karpet, sampa enggan makan.

Dilansir dari Kompas, Tierra Price, DVM, MPH, Community Medicine Veterinarian dan pendiri black DVM Network, LLC mengatakan ada beberapa alasan yang membuat anjing melakukan hal tersebut.

Cara sederhana anjing menunjukkan kasih sayang adalah dengan menjilat wajah tuannya. Menjilat wajah tuannya juga merupakan tanda kepatuhan.

Anggota keluarga yang paling sering dijilat adalah yang ia anggap dominan atau pemimpin. Jika anjing menjilat setelah majikannya makan, ada kemungkinan ia suka rasa yang ada di tubuh kita.

Jika anjing menjilat wajah tuannya lebih sering, itu bisa menandakan anjing cemas dan stress. Ajak mereka berolahraga, latihan perilaku, atau dibawa ke dokter hewan untuk diobati. Waspadai pula jika gerakannya seperti ini.

Artikel Lainnya