nyedulur.com

Menempelkan Buah Asam pada Sariawan Bisa Sembuh, Mitos Atau Fakta?

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sariawan adalah salah satu penyakit yang sering dialami banyak. Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa saj mengalami sariawan. Tanda-tanda umumnya adanya luka berbentuk bulat di bibir dan berwarna putih.

Tentu perih yang bisa dirasakan saat sariawan. Rasa sakit itu dibarengi dengan perasaan tidak nyaman untuk makan maupun bicara. Tersenggol makanan, bisa menyebabkan emosi.

Banyak yang mempercayai mengonsumsi makanan tinggi vitamin C dan buah-buahan asam bisa menyembuhkan sariawan. Bahkan ada yang sengaja menempelkan buah asam ke bagian luka sariawan. Tapi benarkah buah rasa asam dapat mengobati sariawan?

Dilansir Kompas, dokter Spesialis Penyakit Mulut dari RS Mitra Keluarga Bintaro, dr Rusmawati Ruslan, SpPM menegaskan menaruh buah asam ke luka sariawan adalah mitos.

Dengan menaruh buah asam ke luka sariawan justru melebarkan luka. Bahkan bisa menimbulkan luka baru.

Seperti diketahui bersama, vitamin C banyak terdapat pada buah asam. Namun Rusmawati mengingatkan bahwa vitamin C tidak bisa mencegah sariawan atau kanker mulut.

Menurutnya, Vitamin C hanya mampu meringankan gejala pada beberapa orang yang mengalami sariawan tipe minor atau paling ringan. Untuk penjelasan lebih lengkap, bisa dilihat di sini.

Artikel Lainnya