Menarik, Orang Dewasa Tidak Boleh Minum Susu, Benarkah? Yuk Simak Penjelasan Ahli Gizi, Detail Banget

Nyedulur
  • 11 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Cukup banyak manfaat susu untuk kesehatan tubuh. Misalnya untuk kesehatan tulang dan gigi, kesehatan mata, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, mempertajam penglihatan dan kesehatan lain.

Bahkan di semua usia dianjurkan untuk mengonsumsi susu, terutama anak-anak di masa pertumbuhan. Anak-anak memang wajib mengonsumsi susu. Dan harus rutin! Di level usia anak-anak masih butuh nutrisi untuk mendukung pertumbuhan

Kemudian timbul pertanyaan besar, benarkah orang dewasa masih perlu minum susu?

“Hoaks itu. Susu adalah pangan sumber kaya protein, kalsium, dan zat gizi lain yang menyehatkan tulang. Selama fungsi pencernaan tidak ada gangguan maka susu dapat dicerna semua usia,” kata Saptawati Bardosono, ahli gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dikutip dari CNN Indonesia.

Sementara itu, Ika Setyani, ahli gizi Mayapada Hospital juga mengungkapkan bahwa susu tetap memberikan manfaat untuk tubuh. Terutama untuk orang yang kekurangan mineral dan vitamin tertentu.

Namun susu sejatinya hanya melengkapi dan menyempurnakan kebutuhan gizi. Sementara sumber utama kesehatan dari makanan.

“Ya memang, kalau orang dewasa tidak makan dengan benar, tapi cuma minum susu saja ya tidak akan sehat. Susu itu hanya pelengkap bukan makanan utama dan bukan obat,” katanya.

Dia menambahkan zat gizi dalam susu itu bisa dari makanan lain yang dikonsumsi sehari-hari. Namun dalam kondisi tertentu ada orang yang membutuhkan zat gizi tertentu dan tak bisa tercukupi dari makanannya sehari-hari.

“Misalnya orang di pegunungan. Ketika mereka kekurangan kalsium dalam tubuh, mereka bisa minum susu yang diperah dari peternakannya. Karena sulit mendapatk tambahan kalsium dari makanan, misalnya dari ikan-ikanan,” katanya.

Selain itu, Saptawati menambahkan bahwa orang dewasa yang kekurangan enzim laktase sebaiknya tidak minum susu, khususnya susu sapi. Enzim laktase pada sistem pencernaan berfungsi untuk memecah laktosa pada susu sapi.

Jika kadar enzim laktase kurang, konsumsi susu sapi malah membawa masalah pencernaan seperti diare, mual dan muntah.

Tidak bisa minum susu sapi bukan berarti tidak bisa minum semua jenis susu. Laktosa hanya terdapat pada susu sapi sehingga Anda bisa minum alternatif susu sapi seperti susu almond, susu kedelai, juga susu gandum (oat milk).

Artikel Lainnya