nyedulur.com

Menakutkan! Hacker Bisa Berselancar di Akun Media Sosial Anda dengan Phising, Ini Penjelasannya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Jetorbit.

Hacker atau peretas merupakan seseorang yang cerdas dalam menggunakan teknologi. Tidak jarang perilaku peretas ini berkaitan dengan tindak kriminal. Semisal pencurian data publik.

Selain itu profesi hacker selalu menggunakan komputer untuk mendapatkan akses tidak sah ke sebuah data perusahaan. Inilah yang menyebabkan banyak tudingan miring kepada hacker.

Dilansir dari CNN Indonesia, pakar siber dan pengamat media sosial, Kun Arief Cahyantoro mengatkan ada metode yang jadi favorit hacker. Yaitu phising untuk meretas akun pribadi atau perkantoran saat ini.

Apa itu phising? Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan.

Arief menjelaskan, metode phising banyak digandrungi. Sebab metode ini mudah dilakukan dan cenderung lebih berhasil memancing para pengguna akun untuk memberikan informasi pribadinya.

“Jalur peretasan yang banyak muncul dan sering terjadi di banyak aplikasi termasuk office, adalah jalur automatic phising, lebih mudah dilakukan, dan banyak pengguna internet yang kurang teliti terpancing," kata Arief dikutip dari CNN Indonesia.

“Phising tujuannya 'memancing' orang agar memberikan data pribadinya, umumnya berupa login atau password tanpa disadari, karena orang tersebut merasa bahwa situs tersebut valid dan alamat situs sebenarnya,” imbuhnya.

Dia juga menjelaskan, phising sebetulnya jauh lebih mudah dilakukan daripada proses peretasan dengan masuk ke dalam sistem (breaching).

Phising dilakukan dengan cara membuat mimikri, sehingga halaman masuk ke akun semirip mungkin dengan halaman asli. Padahal merupakan link atau server palsu.

Jalur peretasan melalui phising yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan skema seperti berikut.

Artikel Lainnya