Menakjubkan, Salju Turun di Gurun Sahara, Akibat Pergeseran Iklim, Suhu di Aljazair dan Arab Saudi sampai Minus

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: CNN.com.

Anggun C Sasmi mengeluarkan single lagu Snow On The Sahara pada tahun 1997. Lagu itu begitu populer. Pada akhir 90-an, membayangkan salju bisa turun di Sahara hanya bisa ditulis dalam lagu atau dongeng.

Tapi bagaimana jika sair yang dinyanyikan Anggun benar-benar terjadi? Salju turun di Sahara dan sejumlah negara Timur Tengah. Benar, salju turun di Sahara dan di Arab Saudi. Malahan suhunya bisa minus dalam hitungan Celsius.

Mengutip Kumparan, Seorang fotografer bernama Karim Bouchetata mengabadikan momen langka di Gurun Sahara yang diselimuti es. Warna kuning gurun berpadu dengan salju putih, menciptakan pemandangan indah bak negeri dongeng. 

Gurun Sahara mencakup sebagian besar wilayah Afrika utara dan telah mengalami perubahan suhu serta kelembaban selama beberapa ratus ribu tahun terakhir. Meski wilayah Sahara sangat kering, peneliti memprediksi dalam waktu 15.000 tahun, Sahara akan kembali hijau.

Salju juga turun di Ain Sefra, yakni sebuah gurun di Aljazair. Suhu di Ain Sefa bahkan turun hingga minus 3 derajat Celsius pada Rabu 13 Januari 2021.

Ain Sefra dikenal sebagai The Gateway to the Desert, berada sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut, dikelilingi pegunungan Atlas. 

Sementara di Arab Saudi, orang-orang berbondong-bondong pergi ke tengah gurun di wilayah Aseer. Warga melihat pemandangan langka seperti di Sahara. Penduduk di sana menumpahkan kegembiraannya dengan bermain di atas salju yang turun di Aseer. Di mana pegunungan dan gurun diselimuti warna putih. 

Sudah setengah abad lamanya Arab Saudi mengalami penurunan suhu drastis, mencapai minus 2 derajat Celsius. Ini tak lain karena perubahan iklim dan pemanasan global yang melanda seluruh dunia. 

Perubahan iklim telah berdampak pada sejumlah aspek kehidupan. Salah satunya menciptakan bencana mulai dari kenaikan suhu air laut akibat es di Kutub Selatan dan Utara mencair.

Begitu juga dengan kenaikan suhu global, sehingga menciptakan gelombang panas di beberapa negara. Dampak lain kebakaran hutan dan rusaknya habitat makhluk hidup. Intip yuk foto-foto salju di gurun.

Artikel Lainnya