Menajubkan, Jarang Dikenali, Okra Justru Bagus untuk Kesehatan, Bisa Tangkal Berbagai Penyakit

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Mendengar nama okra memang sedikit asing. Benar, mungkin Anda juga belum mengenalinya. Pada dasarnya tanaman ini dikenal dengan sebutan Ladys Finger.

Bentuknya lebih mirip cabai hijau besar atau oyong yang memiliki bulu-bulu halus. Okra bukan keluarga sayur lantaran memiliki biji di dalamnya.

Tapi kandungan vitamin, mineral dan protein dalam tanaman ini cukup tingi. Dilansir Hello Sehat, Okra dipercaya dapat membantu mengendalikan asma karena antioksidan dan vitamin C-nya cukup tinggi.

Studi terbitan Journal of Allergy and Clinical Immunology menemukan bahwa penderita asma yang kekurangan vitamin C lebih sering mengalami gejala kambuhan.

Selain itu, makanan tinggi antioksidan juga dapat membantu mencegah kerusakan jaringan akibat asma. Hal ini turut dibuktikan oleh penelitian yang dimuat dalam jurnal Thorax. Rutin makan makanan tinggi vitamin C dapat mengurangi gejala napas mengi yang sering dialami pengidap asma.

Uniknya, Anda tetap bisa merasakan manfaat ini jika hanya makan makanan sumber vitamin C untuk 1-2 kali seminggu.

Selanjutnya, tanaman yang sering disebut bendi ini juga cukup tinggi kandungan serat larutnya. Terutama dalam bentuk gum dan pektin.

Kedua jenis serat ini membantu menurunkan serum kolesterol dalam darah, yang mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Okra juga mengandung serat tinggi yang membantu menstabilkan gula darah dengan memperlambat laju penyerapan glukosa dari usus.

Teori tersebut turut didukung oleh temuan dari studi terbitan Journal of Pharmacy and Bioallied Sciences. Studi itu menunjukkan, semakin banyak serat okra yang dikonsumsi maka kadar gula darah cenderung lebih stabil.

Satu penelitian lain yang diterbitkan pada tahun 2011 dalam jurnal ISRN Pharmaceutics juga melaporkan bahwa okra sama baiknya untuk menurunkan kadar gula darah bagi diabetesi.

Selain itu, mengkonsumsi okra dengan teratur terbukti dapat mencegah gangguan ginjal, terutama pada pengidap diabetes. Terlebih, asupan rutin dari okra dapat membantu menghindari penyakit ginjal sebagai komplikasi diabetes.

Artikel Lainnya