Melempem, Enam Tim Inggris Mundur dari Liga Super Eropa, Pendukung Manchester United Gelar Pesta, Dua Wakil Italia Tarik Diri?

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: BBC Sport.

Liga Super Eropa atau European Super League terancam batal. Setidaknya enam wakil asal Inggris menyatakan mengundurkan diri. Praktis peserta tersisa empat tim. Sebab dua utusan Italia berencana mundur.

Manchester City menjadi tim pertama asal Inggris yang menarik diri dari ajang tersebut. Pernyataan itu disampaikan secara resmi melalui media sosial klub, Rabu 21 April 2021.

Mengutip BBC Sport, lima tim lainnya mengikuti jejak City yang meliputi Manchester United, Liverpool, Arsenal, Chelsea, dan Tottenham Hotspur.

Liverpool mengatakan keterlibatan mereka dalam liga yang memisahkan diri "telah dihentikan". Begitu juga dengan MU telah menarik diri.

“Mendengarkan dengan cermat reaksi para penggemar kami, pemerintah Inggris dan stake holder lainnya, untuk tidak ambil bagian,” bunyi pernyataan tim berjuluk Setan Merah.

Selanjutnya Arsenal meminta maaf dalam surat terbuka kepada para pendukung setianya. Kubu The Gunners mengaku telah membuat kesalahan dan memilih tidak berpartisipasi.

Pernyataan serupa juga disampaikan Chairman Tottenham Hotspur, Daniel Levy yang mengatakan klub menyesali proposal yang diumumkan pada akhir pekan kemarin.

Hasil imbang 0-0 yang dipetik Chelsea melawan Brighton menjadi momentum bagi pendukungnya untuk mendesak tim mundur dari Liga Super Eropa. Desakan itu berbuah manis. The Blues memilih mundur dari Liga Super Eropa.

Kembalinya enam tim Inggris itu disambut baik Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

“Mereka sudah kembali, dan saya tahu mereka memiliki banyak hal untuk ditawarkan tidak hanya untuk kompetisi Eropa, tetapi juga untuk keseluruhan pertandingan di Eropa,” ucapnya.

“Yang penting sekarang adalah kita maju bersama, membangun kembali persatuan yang dinikmati permainan sebelumnya dan bergerak maju bersama,” Ceferin menambahkan.

Mundurnya MU dari Liga Super Eropa disambut suka cita pendukungnya. Lini masa di media sosial dipenuhi dengan pesta pendukung MU yang sejak awal kesal, timnya bergabung dengan Liga Super Eropa.

Kabar mundurnya enam tim asal Inggris ini bakal diikuti dua wakil asal Italia, AC Milan dan Inter Milan berencana menarik diri. Hal ini diketahui melalui cuitan pundit sepak bola Italia, Fabrizio Romano di akun twitternya.

Sementara Juventus bersama Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona masih belum berekasi.

Akhir pekan lalu 12 klub Eropa berencana mendirikan kompetisi Liga Super Eropa. Kompetisi ini memisahkan diri dari liga domestik masing-masing negara dan dipimpin Florentino Perez.

Artikel Lainnya