nyedulur.com

Mau Ajak Perang dengan Cina, Menlu Amerika Serikat Kunjungi Indonesia

BBC Indonesia
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo berencana mengunjungi Indonesia. Salah satu agenda yang akan dihadiri Pompeo adalah menemui sejumlah pentiggi GP Ansor.

Namun kunjungan ini adalah seremonial. AS dinilai tengah mencari dukungan negara-negara yang bermasalah dengan Cina, khususnya di kawasan Laut Cina Selatan. Sebab hubungan AS dengan Cina tengah memanas.

Peneliti di Parahyangan Centre for International Studies (PACIS), Sukawarsini Djelantik berpendapat Indonesia dianggap sebagai satu kekuatan besar di ASEAN. Sangat penting mendekati Indonesia guna menyikapi konflik di Laut Cina Selatan.

“Pasti nanti akan mencari dukungan, karena posisi Indonesia yang diperhitungkan sebagai kekuatan menengah,” kata Sukawarsini dikutip dari BBC Indonesia.

Berdasarkan jadwal kunjungan, Pompeo mengunjungi Indonesia pada 25-30 Oktober. Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang dikunjungi Pompeo. Selanjutnya India, Sri Lanka, dan Maladewa yang akan dikunjungi.

AS, lanjut Sukawarsini, melihat Cina bertindak semakin agresif di Laut Cina Selatan. Antara lain membangun pulau buatan dan pangkalan militer. Menurut AS, langkah Cina sebagai ancaman paling serius.

Dalam konteks visi ini, Indonesia menjadi satu-satunya negara besar di Asia Tenggara yang belum 'dipegang' AS. Terbukti dengan penolakan pemerintah RI atas pendaratan pesawat pengintai Poseidon P-8. Begini sikap politik Pemerintah RI

Artikel Lainnya