Masuk Pulau Jawa Diperketat, Tim Gabungan Pelototi Semua Kendaraan, Satgas Covid-19 Perpanjang Penyekatan, Sampai Kapan?

Nyedulur
  • 19 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kompas.

Pemerintah memperpanjang pengetatan terkait larangan mudik Lebaran. Semula pemerintah melakukan pengetatan hingga 24 Mei 2021, kini diperpanjang hingga 31 Mei 2021.

Pasti Anda bertanya-tanya, ada apa sih? Benar, pemerintah tidak mau kecolongan. Juga tidak ingin penyebaran virus corona makin tak terkendali.

Perpanjangan itu tercantum dalam Addendum Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 selama Bulan Ramadhan.

“Periode pasca masa peniadaan mudik (6 Mei 2021 s/d 17 Mei 2021) yang dimaksudkan dalam Addendum Surat Edaran ini berlaku pada tanggal 18 Mei 2021 s/d 24 Mei 2021, dan diperpanjang sampai dengan tanggal 31 Mei 2021 khusus bagi pelaku perjalanan antardaerah di dalam Pulau Sumatera dan pelaku perjalanan dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa,” bunyi Addendum tersebut.

Mengutip Kumparan, keputusan diperpanjangnya masa penyekatan masuk Pulau Jawa, dikarenakan berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, terindikasi masih ada sekitar 60 persen masyarakat pengguna angkutan penyeberangan via Bakauheni-Merak yang belum kembali ke Pulau Jawa.

“Bahwa pada saat ini terdapat peningkatan Covid-19 di hampir semua provinsi di Sumatera, ditambah dengan masih adanya sekitar 60 persen masyarakat pengguna angkutan penyeberangan Bakauheni-Merak yang belum kembali ke Pulau Jawa,” demikian informasi yang ada pada Addendum tersebut.

Dengan adanya perpanjangan masa pengetatan dan penyekatan hingga 31 Mei 2021, pengguna kendaraan roda empat dan dua wajib mengikuti aturan.

Terlebih yang berasal dari luar Jawa dan hendak kembali, termasuk masuk ke Ibu Kota, diwajibkan mengikuti aturan perjalanan sesuai dengan Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021.

“Aturan itu (wajib antigen) masih berlaku,” jelas Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Senin 24 Mei 2021.

Adapun aturan perjalanan selama masa pengetatan pasca larangan mudik Lebaran Idulfitri 2021, yakni setiap masyarakat diwajibkan membawa hasil negatif Covid-19 berbasis PCR, swab antigen, atau GeNose C19.

Artikel Lainnya