Mantaaf Sinar Matahari, Tingkatkan Imunitas dan Pertumbuhan Anak, Bisa Tangkal Virus Corona?

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: The Star/ AFP.

Virus corona di Indonesia belum bisa dikendalikan. Berdasarkan data, kasus konfirmasi terus bertambah. Kedatangan vaksin sinovac bukan satu-satunya antisipasi menghentikan corona.

Satu-satunya cara pengendalian virus corona adalah dari masyarakat. Tidak sebatas menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengenakan masker. Konsumsi makanan sehat dan kecukupan vitamin juga menjadi salah satu pencegah.

Berjemur juga menjadi salah satu memberi imunitas tubuh. Dengan berjemur bisa memperbanyak vitamin D yang bisa didapat dari paparan sinar matahari. Cobalah rutin berjemur setiap pagi.

“Pasien harus berjemur. Kemudian untuk makanan, alat-alat makan, piring sendok harus sendiri,” ujar Dokter Spesialis Paru-paru RS Siloam Asri dr. Maydie Esfandiari dalam diskusi di BNPB, dikutip dari Kumparan.

Sementara itu, Dokter Spesialis Anak, Prof. DR. dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A(K) M.Kes, mengatakan berjemur di bawah sinar matahari mampu menciptakan vitamin D. tujuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin D, kata dia, juga berfungsi untuk menjaga sistem pernapasan. Dia menyarankan berjemur tidak harus lama. Cukup 15 sampai 20 menit saja. Itu sudah cukup, gaes.

Sebetulnya, pada saat tubuh kekurangan vitamin D pada anak-anak, pertumbuhan akan terhambat. Dampaknya memperlambat pembentukan sistem imun dan mudah terinfeksi virus maupun bakteri. 

Sinar matahari tidak hanya ampuh meningkatkan imun tubuh, tapi juga menyebabkan virus lebih sulit bertahan karena temperatur panas. Ini penjelasan detailnya.

Artikel Lainnya