Manfaat Menikmati Alam di Masa Pandemi, Agar Tetap Waras

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Florida Institute of Technology

Pandemi covid-19 yang belum jelas kapan berakhir memberi tekanan kepada masyarakat. Begitu juga dengan kesehatan mental turut berpengaruh.

Hal ini menyebabkan kekhawatiran psikologis bagi pekerja maupun yang sedang menempuh jenjang pendidikan.

Dilansir dari CBC melalui Tirto, sebuah studi menunjukkan "berjalan-jalan di alam" bisa membantu menjaga kesehatan mental. Para peneliti menemukan, perjalanan melalui alam, seperti hutan atau taman, dapat meningkatkan emosi positif.

Dalam studi tersebut, yang mengamati kesehatan mental orang dewasa. Sedikitnya studi melibatkan 60 peserta di California.

Peserta diminta untuk berjalan kaki selama 15 menit setiap hari selama delapan minggu. Penelitian lainnya melibatkan beberapa orang yang ditugaskan berjalan dengan menikmati alam dan yang lainnya tidak diberi instruksi tentang ke mana harus berjalan.

Orang-orang yang berjalan sambil menikmati alam melaporkan rasa ingin tahu yang meningkat tentang dunia di sekitar mereka.

Para peneliti menemukan emosi positif ini bahkan tercermin dari selfie orang-orang, di mana partisipan "tersenyum lebar".

Rasa kagum adalah emosi yang menarik, karena mendorong apa yang disebut small self, kata penulis utama Virginia Sturm, seorang profesor di departemen neurologi serta psikiatri dan ilmu perilaku di Universitas California San Francisco.

“Artinya, ketika Anda merasa kagum, Anda merasa lebih kecil dari alam di sekitar, dan kita merasa terhubung dengan dunia ini,” katanya.

Rasa kagum itu dapat ditemukan hampir di seluruh alam sekitar. Anda tidak perlu melakukan perjalanan ke taman. Anda bisa memelihara tanaman atau menonton rerumputan di halaman rumah. Bagi yang tidak bisa keluar rumah lakukan cara ini.

Artikel Lainnya