Mana yang Lebih Baik, Makan sebelum Atau sesudah Olahraga? Penting Juga Memilih Jenis Makanan

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Her World.

Makan sebelum berolahraga dinilai lebih baik. Alasannya asupan makanan bisa menambah energi sekaligus mendorong aktivitas.

Namun ada yang beranggapan olahraga dahulu baru makan. Tujuannya agar pada saat berolahraga tidak ada gangguan pada pencernaan. Bingung, kan.

Padahal Anda ingin membentuk tubuh ideal. Lebih dari itu juga untuk menjaga kesehatan, tapi masih belum punya gambaran medis

Bagi yang masih bertanya-tanya, kapan sih waktu yang tepat untuk makan, apakah sebelum atau sesudah makan?

Mengutip Healthline melalui Detik, sejumlah studi telah menunjukkan bahwa respons tubuh saat berolahraga dapat berbeda-beda. Tergantung apakah Anda sudah atau belum makan sebelum berolahraga.

Berolahraga saat perut kosong dipercaya dapat lebih mudah membantu penurunan berat badan. Namun, makan sebelum berolahraga dapat memberikan tubuh lebih banyak energi untuk meningkatkan performa saat olahraga.

Jenis aktivitas dan olahraga yang dipilih dapat menentukan, kapan Anda harus makan terlebih dahulu sebelum berolahraga.

Jika berolahraga dengan intensitas rendah, seperti berjalan, golf, dan yoga, mungkin tidak perlu makan terlebih dahulu.

Namun, Anda harus selalu makan sebelum melakukan olahraga yang membutuhkan banyak tenaga, energi dan daya tahan. Sebut saja saat Anda bermain tenis, lari, bersepeda, dan berenang. Apalagi, jika berencana untuk melakukannya lebih dari satu jam.

Saat melakukan olahraga berat, penting bagi Anda untuk menjaga tingkat gula darah agar tetap berstamina dengan makan terlebih dahulu.

Selain itu, makan sebelum olahraga juga dapat membantu menghindari penggunaan energi yang tersimpan dalam otot. Sehingga bisa sekaligus membentuk otot.

Artikel Lainnya