Makan Jeroan Bisa Timbul Banyak Penyakit, Padahal Bermanfaat Bagi Tubuh

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Mengonsumsi ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Cukup banyak kadungan nutrisi dan gizi yang bisa membantu meningkatkan kondisi tubuh.

Ada satu hal yang kerap dilupakan orang. Setiap kali memotong ikan, jeroan dan kotorannya kerap dibuang. Padahal jeroan ikan memiliki manfaat. Tidak sejahat jeroan sapi atau kambing.

Dilansir CNN Indonesia, pakar perikanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Roni Nugraha mengatakan bahwa jeroan ikan mengandung banyak protein dan lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh.

Lemak tak tenuh terdiri atas omega 3 dan 9. Omega 3 dapat mencegah penyakit kardiovaskular, jika dikonsumsi bayi atau anak-anak dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Sedangkan omega 9 dapat menghambat pembentukan Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolestrol jahat. LDL inilah yang menyebabkan pembentukan plak dalam pembuluh darah.

Roni mengungkapkan industri perikanan banyak menghasilkan produk sampingan atau by-product. Sebut saja tulang, jeroan, sisik, kepala, dan bagian lain seperti telur ikan.

Ia menjelaskan lebih memilih kata by-product karena organ-organ tersebut masih bisa dimanfaatkan.

Sayangnya, jeroan ikan mudah sekali busuk. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya mikroba. Jika ingin mengonsumsi jeroan ikan, harus segera diolah setelah dikeluarkan dari tubuh ikan. Penasaran dengan pengolahan jeroan ikan?

Artikel Lainnya