Majene Diguncang Gempa Susulan, Berkekuatan 5 Magnitudo

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Warga Majene belum bisa menghapus gempa dengan magnitudo 6,2 melanda pada Jumat 15 Januari 2021. Gempa susulan Kembali menggungjang kota di Sulawesi Barat itu sehari kemudian.

Gempa bumi terjadi pada Sabtu 16 Januari 2021, sekitar pukul 07.32 WITA. Kali ini, BMKG mencatat gempa tersebut berkekuatan 5,0 magnitudo.

Mengutip Antara melalui Kumparan, pusat gempa terletak di arah timur laut Majene, Sulbar, sejauh 20 km. Adapun koordinat gempa berlokasi di 2,89 lintang selatan dan 119,03 bujur timur dengan kedalaman 10 km.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG di Twitternya, @infoBMKG, Sabtu 16 Januari 2021.

Ini merupakan gempa susulan yang mengguncang wilayah Majene, di provinsi pecahan Sulawesi Selatan itu.

BMKG mencatat total ada 28 gempa susulan di Majene sebelumnya. Sementara ini, 48 orang dinyatakan tewas akibat gempa tersebut. Sejumlah gedung di Sulbar rusak, termasuk Kantor Gubernur Sulbar yang roboh.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati meminta warga tetap tenang sekaligus waspada terhadap potensi gempa susulan. Ia menyebut gempa susulan kemungkinan memiliki kekuatan yang signifikan.

“Masyarakat diimbau tetap tenang dan waspada terhadap kemungkinan gempa susulan yang kekuatannya signifikan,” kata Raditya.

Artikel Lainnya