Luar Biasa, Warga Satu Kampung di Tuban Borong 176 Mobil! Satu Orang Bisa Beli Tiga Unit, Duit dari Mana?

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kumparan.

Jagat maya dihebohkan dengan sebuah rekaman video mobil patroli polisi yang mengawal truk bermuatan 17 mobil. Belasan mobil itu kemudian diturunkan di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban pada Minggu, 14 Februari 2021.

Video yang diunggah di media sosial itu kemudian menjadi viral. Masalahnya warga setempat membeli mobil secara bersamaan dalam satu hari. Total mobil yang dibeli warga Tuban sudah mencapai 176 unit! Heboh nggak.

Uang dari mana, sih? Menurut Kepala Desa Sumurgeneng, Gianto bahwa warga di desanya membeli mobil dari Surabaya. Mobil tersebut dibeli menggunakan uang dari ganti rugi lahan untuk proyek kilang minyak.

Diterangkan Gianto, salah satu warganya ada yang sampai membeli dua hingga tiga mobil dalam satu hari. Sementara uang yang didapat berasal dari ganti rugi penjualan lahan untuk pembangunan kilang minyak.

“Ya, pembeliannya berkelompok. Kemarin ada 17 mobil yang dibeli dan semuanya baru. Semua mobil merk Toyota,” ujar Gianto dikutip dari Kumparan Selasa 16 Februari 2021.

Menurutnya, para warga membeli mobil baru menggunakan uang yang berasal dari pembayaran ganti rugi lahan untuk proyek pembangunan Kilang Tuban atau New Grass Root Refinery (NGRR) di wilayah Kecamatan Jenu.

Meraka telah mengambil uang ganti rugi lahan melalui proses penetapan konsinyasi di Pengadilan Negeri (PN) Tuban.

“Warga telah mengambil uang ganti rugi lahan. Sebagian uangnya digunakan untuk membeli mobil,” kata Gianto.

Gianto menjelaskan bahwa di Desa Sumurgeneng ini ada sekitar 280 warga atau pemilik lahan yang terdampak proyek pembangunan kilang minyak. Semua warga telah setuju lahannya di jual untuk pembangunan proyek nasional tersebut.

“Semua warga Sumurgeneng telah setuju lahannya dijual untuk pembangunan kilang minyak,” kata Gianto.

Artikel Lainnya