Lha Ini, Brasil Punya Patung Vagina, Jadi Polemik, Ramai, Siapa Sih yang Bikin?

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: CNN.com.

Bayangkan di Jakarta atau Surabaya ada patung berbentuk vagina. Dengan ukuran yang sangat besar. Pasti jadi polemik. Bisa didemo ribuan orang. Itulah yang terjadi di Brasil. 

Negara itu telah selesai membangun sebuah patung berbentuk vagina, di negara bagian Pernambuco. Bentuknya pasti mengundang orang untuk datang, baik laki-laki maupun perempuan.

Dikutip dari Reuters, melalui CNN Indonesia, patung itu diberi nama Diva. Posisinya berada di lereng bukit sebuah museum terbuka. Ukurannya juga nggak main-main.

Sang desainer, Juliana Notari, membangun patung berbentuk vagina berukuran 33 meter yang dibangun dari bahan resin.

Pada pekan lalu, Notari menjelaskan bahwa patung itu menggambarkan vagina dan luka yang mempertanyakan hubungan antara alam dan budaya dalam masyarakat falosentris dan antroposentris.

Dia kemudian mengunggahnya di Facebook miliknya. Jelas unggahan ini menuai kontroversi. Munculah perdebatan panjang.

Kurang lebih 25 ribu orang mengomentari unggahan tersebut, baik yang mendukung atau mengkritik.

“Dengan segala hormat, saya tidak menyukainya. Bayangkan saya berjalan dengan anak perempuan saya yang masih kecil di taman ini dan mereka bertanya... Ayah, apa ini? Apa yang akan saya jawab?" tulis seorang warganet.

Komentar itu dijawab warganet lainnya, lain yang secara tidak langsung mendukung notari. “Dengan segala hormat, Anda dapat mengajari putri Anda untuk tidak malu dengan alam kelamin mereka sendiri,” jawabnya.

Lalu siapa sebenarnya Juliana Notari. Sebetulnya dia adalah seorang seniman, yang lahir di Recife, Brasil pada 1975. Lebih detailnya buka di sini.

Artikel Lainnya