Legitnya Resep Kolak Ubi, Empuk Banget, Sajian Pas untuk Berbuka Puasa

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Membagikan takjil merupakan momen paling membahagikan di bulan Ramadan. Masalahnya cukup banyak masyarakat mencari takjil sekadar membatalkan puasa.

Nah, takjil ini sebetulnya makanan ringan untuk membatalkan puasa. Jangan yang berat-berat. Sebut saja gorengan yang meliputi tahu goreng, pisang goreng, bakwan goreng dan sejenisnya. Bisa juga es buah, kolak pisang dan ubi, es sinom, atau minuman hangat maupun yang segar lainnya.

Bagi Anda yang gemar makan kolak, dan ingin membagikan takjil, ada cara gampang membuatnya. Sederhana, kok.

Dilansir dari Kompas, resep kolak ubi berikut ini bisa diisikan berbagai macam buah ataupun ubi seperi ubi jalar, pisang, potongan nangka atau buah lainnya.

Pertama siapkan bahan-bahanya, mulai dari buah pisang tanduk yang cukup tua (potong-potong), satu buah ubi jalar (potong kotak-kotak), 500 ml santan encer, dan 400 ml santan kental.

Untuk pemanisnya tambahkan 200 gram gula merah sisir, satu sdm gula pasir, 200 gram nangka (potong dadu kecil), dua lembar daun pandan, simpulkan, sedikit garam.

Cara membuatnya juga gampang. Rebus santan cair dengan gula merah, gula pasir, daun pandan ikat, dan garam. Aduk-aduk sampai gula merah mencair dan mengental.

Masukkan potongan ubi jalar dan masak hingga ubi setengah empuk. Tambahkan pisang dan nangka, didihkan kembali.

Masukkan santan kental, masak kolak ubi hingga mendidih sambil sesekali diaduk-aduk.

Kalau sudah mendidih, angkat kolak ubi dan tuang ke piring saji. Sajikan selagi masih hangat, jika ingin terasa segar bisa disimpan di dalam lemari pendingin atau bisa menambahkan beberapa potong es batu. Jam berapa bedug maghrib?

Artikel Lainnya