Legit dan Manis, Ini Daerah Penghasil Durian Paling Top di Jawa Timur, Bisa Lumer di Mulut

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kompas.com.

Musim durian telah tiba. Sejumlah pedagang mengais rezeki dengan mendatangkan buah durian dari berbagai daerah. Mulai dari Kalimantan, Sumatra, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali. Maklum, Indonesia kan punya ciri dan rasa durian yang berbeda-beda. Penyebutannya juga beda. 

Jawa Timur tidak mau kalah. Cukup bertebaran durian dari berbagai kota-kabupaten. Bagi yang gemar makan durian, ini sajian Good News From Indonesia (GNFI) menyuguhkan lima daerah penghasil durian. Rasanya boleh diadu dengan durian dari Sumatra atau Kalimantan.

Kabupaten Pasuruan bisa dibilang gudang durian. Setidaknya ada tujuh daerah yang meliputi Kecamatan Tutur, Puspo, Purwodadi, Lumbang, Pasrepan, Prigen, Purwosari, dan Sukorejo, sebagai penghasil durian. Di tujuh daerah itu dikenal sebagai pusat budidaya durian di Kabupaten Pasuruan.

Di ujung timur Pulau Jawa juga terdapat pusat durian. Banyuwangi tidak kalah dengan daerah lain. Di daerah Songgon terdapat Wisata Kampung Durian yang dimiliki Likin.

Daerah ini terdapat puluhan jenis durian yang sudah ada sejak abad 19-an. Malahan pernah dijadikan wisata durian pada zaman kolonial. Konon pemiliknya punya koleksi durian jenewer, yang punya kadar alkohol alamiah.

Secara geografis, letak Banyuwangi sangat menguntungkan untuk menanam durian. Tidak hanya di Songgon, beberapa daerah seperti Glagah, Licin, Giri, dan Kalipuro, juga penghasil durian. Rasanya juga tidak mau kalah.

Kecamatan Wonosalam, di Jombang setiap tahunnya menggelar 'Pesta Kenduren'. Kegiatan ini merujuk pada panen raya durian khas Wonosalam.

Ukuran durian Wonosalam kecil, mungil, dan imut. Tapi kerap menjadi buruan wisatawan bila ke Jombang lantaran rasanya lengkap. Manis, legit, dan sedikit pahit, lumer di dalam mulut.

Anda bisa menikmati durian secara langsung maupun olahannya sambil menikmati pemandangan pegunungan Anjasmoro. Terdapat pula resto, galery bahkan perpustakaan untuk menikmati wisata di daerah tersebut.

Sebetulnya masih banyak daerah penghasil durian yang kerap luput dari pantauan wisatawan.

Artikel Lainnya