Ladies, Mau Diet? Coba Konsumsi Buah Bit, Bisa Kontrol Berat Badan dan Cegah Kanker

Nyedulur
  • 11 hari yang lalu
  • arief

Mendengar nama buah bit memang sedikit asing. Memang bit bukan berasal dalam negeri. Pun begitu, penjualan buah ini tidak di semua tempat seperti pasar atau minimarket.

Sebetulnya buah bit merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang memiliki banyak nutrisi dan dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Tanaman ini banyak dijumpai di pesisir Selatan dan Barat Eropa.

Umumnya buah berwarna merah gelap ini tumbuh di dalam tanah. Selain itu, bit juga memiliki berbagai kandungan nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin dan masih banyak lagi.

Biasanya buah ini dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, dijus, hingga dimakan mentah. Lalu apa saja, sih manfaat dari buah bit? Berikut rangkuman dari Liputan6.

Dengan buah bit Anda dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Hal ini disebabkan karena buah bit mengandung nitrat yang dapat mengubah nitrit oksida dalam darah dan membantu melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi tahanan pembuluh.

Di dalam bit terdapat pigmen yang disebut betalain, yang berpotensi memiliki sifat antiperadangan.

Studi pada manusia dengan osteoartritis menunjukkan bahwa kapsul betalain yang dibuat dengan ekstrak bit mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Manfaat buah bit dapat menekan peradangan dan mencegah kerusakan di dalam tubuh.

Laporan lain menyebutkan jika buah ini memiliki serat yang cukup bagus. Mengonsumsi buah bit dalam takaran bisa menahan lapar lebih lama. So, buah ini cocok untuk teman diet.

Selain itu, buah bit juga dapat bermanfaat untuk penderita diabetes. Hal ini disebabkan buah bit mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang diduga bisa mencegah kerusakan sel dan membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada penderita diabetes.

Bahkan, penelitian menunjukkan manfaat buah bit dalam memperbaiki kadar gula darah terlihat lebih signifikan bagi penderita obesitas, dibandingkan yang berat badannya ideal.

Salah satu manfaat buah bit yang sangat besar tentunya adalah dapat mencegah kanker. Hal ini karena buah bit mengandung betalain yang merupakan antioksidan larut air. Zat ini memiliki kemampuan mencegah beberapa sel kanker untuk berkembang.

Artikel Lainnya