Ladies, Keringat Berlebih Bisa Ganggu Penampilan, Cara Mengatasi Mudah, Coba Pakai Jurus Ini

Nyedulur
  • 15 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: iStock Photo.

Munculnya keringat merupakan hal yang wajar. Namun bila munculnya berlebih bisa mengganggu penampilan. Baju menjadi basah dan lembab, timbul bercak di pakaian hingga timbul bau yang tidak sedap.

Sebetulnya, munculnya keringat berlebih bukan disebabkan gangguan kesehatan. Sebaliknya, keringat berlebih merupakan hal yang wajar pada saat tubuh mengatur suhu.

Seperti yang dituturkan dokter kulit dari Texas Health Presbyterian Hospital Dallas, Erickson menjelaskan bahwa berkeringat merupakan cara alami tubuh mengatur suhu.

“Ketika suhu Anda naik di atas 37 derajat celcius, tubuh Anda mencoba menurunkannya kembali dengan melepaskan keringat dari kelenjar. Begitu keringat mengenai permukaan kulit dan mulai menguap, Anda akan merasa lebih sejuk dan nyaman.” jelasnya.

Setiap orang memiliki kadar berkeringat yang berbeda. Ahli bedah toraks dari Program Hyperhidrosis Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, Osita Onugha mengatakan orang yang lebih bugar biasanya berkeringat lebih cepat.

“Beberapa orang berkeringat lebih banyak daripada yang lain, seperti beberapa orang yang berlari lebih cepat daripada yang lain,” tuturnya.

Ada pula orang yang lebih mudah berkeringat, tapi bukan berarti memiliki tubuh yang sehat. Misalnya umum terjadi pada orang dengan kelebihan berat badan, peminum alkohol, dan perokok.

Namun, pada beberapa kasus, seseorang bisa saja mengeluarkan keringat dalam kondisi yang asing di mata orang awam. Misalnya ketika seseorang terus berkeringat di cuaca yang dingin.

Kondisi ini bisa menunjukkan seseorang memiliki hiperhidrosis (keringat berlebihan) atau bahkan kelainan genetik berupa sindrom keringat dingin. Tapi bisa pula terjadi ketika seseorang tengah gugup atau stres.

Mengutip WebMD, kondisi hiperhidrosis ditandai ketika seseorang terus berkeringat tanpa alasan yang jelas, di suhu yang dingin, tidak dalam keadaan cemas atau stres, tidak sedang sakit, dan lainnya.

Ketika sering berkeringat, cobalah memakai deodoran. Tapi biasanya deodoran hanya berfungsi menutupi bau keringat. Untuk mencegah keringat datang, pakai produk yang mengandung antiperspiran.

Artikel Lainnya