Ladies, Kenapa Wanita Lebih Mudah Berjerawat saat Mentruasi, Intip Penjelasan Ahli

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Byrdie.

Wanita saat haid cenderung sensitif. Mudah emosi, baper, dan gampang terisinggung. Tidak sedikit wanita yang muncul jerawat pada saat datang bulan. Kenapa ya?

Sebetulnya jerawat kerap mengganggu penampilan. Utamanya kaum hawa. Jerawat bisa membuat lawan jenis mengalihkan perhatian.

Tetapi wanita yang mendapatkan tanda-tanda berjerawat saat haid hanya 63 persen. Penyebabnya saat haid muncul ketidakseimbangan hormonal pada wanita.

Nah, bagi yang sering mengalami tanda-tanda tersebut, sepatutnya tahu apa yang menjadi penyebab munculnya jerawat saat akan mentruasi.

Diinformasikan Suara, Dr Shree Datta berusaha mencari tahu penyebab perubahan hormon terkait siklus menstruasi menyebabkan masalah kulit pada wanita.

Apalagi, jerawat bukanlah masalah sederhana yang bisa terjadi karena berbagai penyebab, termasuk produksi sebum, genetikan, bakteri, makanan, dan obat-obatan.

Menurut Dr Datta, perubahan hormon ini merusak kelenjar sebaceous yang menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak sebum selama menstruasi. Sehingga, wanita akan menghadapi masalah kulit, seperti flek atau jerawat.

Kebanyakan wanita pasti tidak ingin menghadapi masalah kulit ini setiap bulannya. Di sisi lain, sulit pula mengontrol hormon. Tapi, ada beberapa cara untuk mencegahnya.

Pada dasarnya, konsentrasi hormon setiap bulannya selalu berubah karena tubuh sedang mempersiapkan diri untuk ovulasi dan kehamilan. Dr Datta mengatakan siklus menstruasi sendiri terdiri dari fase folikel, ovulasi dan fase luteal.

Fase folikuler dimulai pada hari pertama menstruasi dan berlangsung sampai ovulasi. Dalam beberapa hari pertama, konsentrasi estrogen dan progesteron masih rendah.

Kemudian, tingkat estrogen mulai meningkat dan akan mencapai puncaknya tepat pada masa ovulasi. Saat itulah sel telur meninggalkan ovarium dan mulai bergerak menuju rahim.

Setelah ovulasi, kadar estrogen akan turun mendadak dan kadar progesteron mulai meningkat. Pada masa ini pula fase luteal dimulai dan tubuh akan bersiap untuk hamil.

Jika Anda tidak hamil, kadar progesteron akan menurun dan Anda mulai mengalami menstruasi. Pada masa inilah kulit Anda mulai bermasalah, seperti timbul jerawat.

“Tapi, beberapa wanita mungkin sempat merasa kulitnya terlihat lebih cantik selama masa ovulasi. Hal ini disebabkan oleh kadar estrogen yang mengurangi produksi sebum sehingga kulit terlihat lebih baik dan cantik,” kata Dr Datta.

Artikel Lainnya