Ladies, Jangan Asal-asalan Cuci Rambut, Ini Tips Dapatkan Hasil Indah dan Berkilau

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Healthline.

Rambut adalah mahkota. Itu sebabnya banyak wanita yang mendambakan rambut sehat dan berkilau. Tapi masih banyak yang belum paham cara merawat rambut dengan benar.

Padahal mencuci rambut atau keramas merupakan perawatan yang paling mendasar. Namun jika salah saat mencuci, bisa membuat rambut Anda tidak sehat.

Sebut saja, seperti terlalu sering keramas dapat membuat rambut kering, rontok ataupun bercabang. Sebaliknya juga demikian, bila semakin jarang keramas juga tidak baik untuk keeehatan.

Ladies, berikut panduan dari penata rambut professional untuk rutinitas keramas terbaik berdasarkan jenis rambut.

Mengutip Kompas, untuk rambut berminyak, sebaiknya cuci rambut setiap hari untuk mencegah penumpukan kotoran, kecuali memiliki rambut yang sangat panjang, sangat kasar atau keriting.

Meskipun tergantung pada tingkat kerusakan dan kekeringan, Shanon King merekomendasikan keramas setiap lima hingga tujuh hari sekali karena Anda mungkin perlu membiarkan minyak alami di kulit kepala.

Errin Courtney pakar rambut menambahkan bahwa jika rambut kering dan rusak, bisa jadi disebabkan karena Anda terlalu sering keramas.

Pastikan untuk tidak menggunakan sampo yang keras, karena dapat menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan rambut untuk menjaga kesehatan dan memungkinkannya menjadi kering dan rusak.

Selanjutnya, bagi rambut bergelombang atau keriting, penata rambut Shanon King menyarankan untuk menggunakan sampo setiap dua hari sekali. Amati bagaimana reaksi kulit kepala. 

Selain itu, Courtney dan King menyarankan untuk mencuci rambut sekali seminggu untuk pertumbuhan rambut yang optimal. Setelah keramas, selalu gunakan kondisioner karena ini sama pentingnya dengan sampo.  

Artikel Lainnya