Kuy, Intip Desain Mobil Listrik Huawei, Harganya Nggak Bikin Kantong Jebol

Nyedulur
  • 23 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Nation World News.

Industri smartphone yang dikembangkan Huawei perlahan-lahan mulai merosot. Bahkan industri asal Cina lainnya mulai melewati kinerja Huawei.

Perang dagang antara Cina dengan Amerika Serikat menjadi pemicunya. Dampaknya dirasakan betul oleh Huawei atas penjualan global.

Namun kini Huawei mencoba mengembangkan bisnis baru. Industri yang berbasis di Shenzhen, Cina itu mulai mengembangkan mobil listrik.

Tidak main-main investasi yang disiapkan. Mengutip 100KPJ, Huawei menyiapkan dana sebesar USD1 miliar atau sekitar Rp14,6 triliun, untuk riset mobil otonom dan teknologi mobil listrik.

Menurut Eric Xu, Rotating Chairman Huawei menjelaskan bahwa dana yang telah disiapkan tergolong besar bagi perusahaan teknologi. Namun, dia meyakini, hasil akhirnya bakal sesuai dengan apa yang telah Huawei rencakan.

“Bisnis mobil pintar ini mendapatkan investasi yang sangat besar dari Huawei. Kami akan menginvestasikan dana sebesar USD1 miliar untuk pengembangan komponen mobil tahun ini,” ujar Eric Xu, dikutip dari Bloomberg.

Nah, pada ajang Shanghai Auto Show 2021 yang digelar di Cina, Huawei tak hanya memajang mobil listriknya, tapi juga menjualnya secara umum. Mobil tersebut diberi nama Huawei SF5.

Mengutip Carscoops, mobil yang mengusung desain crossover ini bukan sepenuhnya dibuat Huawei. Tapi hasi; kerja sama dengan perusahaan Cina lainnya, yakni Seres.

Karena modelnya crossover, jadi Huawei SF5 Seres ini perpaduan antara kenyamanan ala sedan, dengan ketangguhan mobil sport utility vehicle (SUV). Tampilannya terlihat elegan, berkat banyaknya lekukan di bagian bodi.

Dimensinya panjangnya 4,7 meter, lebar 1,93 meter dan tinggi 1,62 meter. Jarak roda depan dan belakang sejauh 2,8 meter, membuat ruang kaki menjadi cukup lega. Ukuran lampu depannya tidak terlalu besar maupun kecil.

Kesan futuristik kental ditunjukkan pada bagian pintu, di mana tuas pembukanya dibuat menyatu dengan bodi sehingga tampak aerodinamis. Oh iya, Huawei melepas SF5 sekitar 216 Yuan atau sekitar Rp480 juta.

Artikel Lainnya