Kurangi Stress, Jurus Jitu Hindari Penyakit akibat Musim Hujan

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan turun hingga Maret 2021. Prediksi tersebut merupakan periode musim hujan dengan intensitas lebih tinggi dibanding tahun 2020 kemarin.

Dalam keterangannya, ada beberapa wilayah Indonesia yang terdampak tingginya curah hujan. BMKG mencatat curah hujan di beberaoa wilayah tersebut meningkat antara 40 hingga 80 persen lebih tinggi dari tahun lalu.

Dilansir dari Liputan6, Curah hujan yang cenderung tinggi itu menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dilatarbelakangi fenomena La Nina sejak awal Oktober 2020.

“Musim hujan tahun 2020/2021 kali ini diwarnai oleh latar belakang fenomena iklim global La Nina yang terjadi sejak awal Oktober 2020 dan diprediksi akan berlangsung hingga Mei 2021 dengan intensitas La Nina Moderat menjadi La Nina Lemah pada Maret 2021,” ujarnya.

Pada musim hujan yang terpenting untuk diperhatikan adalah kondisi sistem imun. Sistem imun yang baik mampu menolak serangan mikroorganisme penyebab penyakit ke dalam tubuh. Ada empat cara yang bisa dilakukan agar tetap sehat di musim hujan.

Asupan gizi sangat penting bagi daya tahan tubuh. Seseorang yang kekurangan nutrisi berisiko terkena penyakit infeksi karena pada keadaan kurang gizi daya tahan tubuh turun. Sehingga kuman penyakit lebih mudah masuk dan berkembang.

Untuk memenuhi agar zat gizi tercukupi, harus memperhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi lima kelompok pangan setiap hari atau setiap kali makan.

Kelima kelompok pangan tersebut adalah makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan dan minuman. Mengonsumsi lebih dari satu jenis untuk setiap kelompok makanan (makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan) setiap kali makan akan lebih baik.

Frekuensi makan per hari harus tetap diperhatikan. Yakni sarapan, makan siang dan makan malam.

Prioritas utama adalah sarapan, berdasarkan pedoman gizi Kementerian Kesehatan RI, sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30% kebutuhan gizi) dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif.

Satu lagi, jangan lupa bahagia ya gaes. Jangan sampai stres.

Artikel Lainnya