Kucing Takut sama Air, Tapi Nggak Kalah dengan Gajah, Sama-sama Bisa Berenang

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: San Diego Zoo Kids.

Mudah cara mengusir kucing. Cukup disirang dengan air, kucing lari terbirit-birit. Itulah yang kerap dilakukan sebagian masyarakat jika kesal dengan sikap kucing. Memang pada dasarnya kucing takut dengan air.

Tapi jangan salah, meski takut dengan air, tapi kucing bisa berenang. Biasanya kucing berenang karena terpaksa. Memburu mangsa, terjebak, atau menghindari pemangsa yang lebih besar. Malahan ada kucing yang gemar berenang.

Menurut beberapa peniliti, pada dasarnya semua mamalia darat bisa berenang. Kecuali dua binatang, jerapah dan kera besar. Termasuk gajah juga bisa berenang.

Mengutip IDN Times, beberapa hewan keluarga kucing yang berukuran besar punya kemampuan dan gemar berenang. Harimau misalnya. Binatang ini kerap berenang bila memburu mangsanya yang masuk air. 

Tapi di kalangan kucing yang berukuran kecil, ciri itu cukup jarang. Salah satu yang unik adalah fishing cat alias kucing penangkap ikan (prionailurus viverrinus). Sesuai namanya, kucing ini adalah pemakan ikan dan beberapa jenis hewan air, seperti kepiting.

Kucing penangkap ikan tak hanya masuk ke air untuk mencari mangsa. Mereka memang suka berada di air. Bahkan bisa menyelam untuk jarak jauh. Seperti dilansir Wild Cat Conservation kucing ini berhabitat di sekitar rawa dan sungai di Asia Selatan dan sebagian Asia Tenggara.

Gajah juga tak mau kalah dengan kucing. Ukuraa badannya tergolong besar. Bobotnya bisa mencapai lebih dari enam ton. Namun dia cukup cekatan berenang.

Binatang ini menggunakan empat kakinya untuk mendayung. Selama berenang, belalainya diangka ke permukaan air untuk bernapas. Mirip snorkel. Kemampuan itu membuat gajah bisa berenang hingga berjam-jam!

Sebetulnya ada sih beberapa mamalia darat yang bisa berenang. Intip aja foto-fotonya.

Artikel Lainnya