Konfrontasi Malaysia-Singapura soal Nasi Ayam Hainan, Saling Klaim, Padahal Asalnya dari Kota Kecil

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Singlong.com

Perseteruan Malaysia dengan Singapura bukan hanya soal politik dan ekonomi. Pesoalannya sepele, tapi kedua negara saling klaim. Negara serumpun itu tidak mau mengalah. Hanya soal makanan, cak!

Permasalahannya adalah nasi ayam hainan. Baik Malaysia maupun Singapura saling klaim. Keduanya sama-sama mengaku bahwa masakan khas Cina itu berasal dari Negara masing-masing.

Mengutip CNN Indonesia, memang nasi ayam hainan merupaan hidangan dari kedua negara. Hampir di setiap daerah di dua negara itu ada sajian nasi ayam hainan. Kurang lebih seperti nasi goreng di Indonesia-lah.

Sejak lama Malaysia dan Singapura sama-sama mengklaim nasi ayam hainan sebagai hidangan nasional tidak resmi.

Mengutip South China Morning Post, nasi ayam hainan dibuat oleh imigran Cina di Asia Tenggara. Terutama di Malaysia dan Singapura. Sejauh ini, nasi ayam hainan merajalela di dua negara itu.

Seperti tidak peduli asal usulnya, Malaysia dan Singapura bersaing mengklaim hidangan tersebut. Setidaknya persaingan terjadi sejak kedua negara berpisah pada 1965.

Tensi persaingan terus meningkat. Puncaknya terjadi pada 2009. Kala itu Menteri Pariwisata Malaysia, Ng Yen Yen, mengatakan nasi ayam hainan merupakan hidangan Malaysia dan telah dibajak Singapura.

Sementara, pada Desember lalu, pusat makanan Singapura yang disebut hawker mendapat status warisan budaya tak benda oleh Unesco. Mereka membanggakan delapan restoran berbintang Michelin yang menyajikan nasi ayam hainan.

Sebetulnya, makanan ini merupakan hidangan sederhana. Ayam dimasak dengan cara direbus yang disajikan dengan kondimen jahe yang dihancurkan, kecap, dan saus cabai.

Ayam itu juga disajikan bersama nasi harum yang dimasak dengan cara tertentu. Pada beberapa restoran juga disediakan kuah dan pangsit goreng pada menu nasi ayam hainan sebagai variasi.

Hidangan ini sebenarnya merupakan adaptasi dari nasi ayam wenchang, yakni kota Wenchang yang ada di Pulau Hainan. Oleh karena itu hidangan ini berkembang dan diberi nama nasi ayam hainan, sesuai dengan nama pulau tersebut.

Bila melihat ke belakang, warung nasi ayam pertama kali mulai muncul di Singapura pada 1940. Adalah Wong Yiguan tercatat sebagai orang pertama yang memulai warung nasi ayam di Singapura.

Yiguan sendiri berasal dari Qionghai. Namun, dia datang ke Wenchang untuk belajar membuat makanan hingga memiliki murid bernama Moh Lee Twee.

Artikel Lainnya